Tuesday, 17 September 2019
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Warga Kediri Temukan Arca Ganesha

Warga Dusun Kwagean, Desa Krenceng, Kecamatan Kepung menemukan arca ganesha di tanah milik Nur Samsu pukul 16.00 WIB, Sabtu (15/6). Arca ganesha dari batu andesit ini berukuran 33 cm dan lebar 19 cm serta tebal 13 cm di area bangunan baru yang masih tahap pondasi.

warga

Penemu arca, Prianto, bercerita penemuan dilakukan tidak sengaja saat dirinya melakukan penggalian guna membuat septi tank. Dirinya ketika menggali menggunakan cangkul merasa menghantam batuan besar berbentuk persegi yang ternyata batu bata kuno. Setelah diamati ternyata terdapat pula arca ganesha di bawah batu bata kuno tersebut.

“Arca ditemukan pada kedalaman 1.4 meter. Saat ditemukan dalam kondisi miring bersama dengan batu bata kuno. Lalu diangkat dan setelah sedikit dibersihkan ternyata arca ganesha,” jelasnya kepada Kominfo, (16/6).

B019E4F7-7E7C-4F0E-817A-3DF095C4B134

Kepala Dusun Kwagean, Suwandi, mengatakan dirinya lalu berkoordinasi dengan pemilik rumah guna mengamankan temuan tersebut dan lokasi penggalian. Selanjutnya pihak Pemkab Kediri melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan juga telah datang untuk menggali data dan informasi.

Dalam pengamatan Kominfo di lokasi, penemuan ini cukup menarik rasa penasaran dari warga dan pengunjung untuk melihat dari dekat. Sejak ditemukan hari Sabtu kemarin, kini lokasi penemuan menjadi ramai dan dipenuhi warga. (Kominfo/yda,tj,wk)

Add comment


Security code
Refresh

banner