Friday, 23 August 2019
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Ribuan Warga Ngadi Mojo Ikuti Kirab Ketupat

Ribuan warga Desa Ngadi, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri mengikuti kirab ketupat yang digelar Pemerintah Desa Ngadi bersama seluruh elemen warga Ngadi, Rabu (12/6). Event yang memasuki kali keempat penyelenggaraannya ini terasa spesial karena bertempat di Wisata Jajan Ndeso Sor Pring, Desa Ngadi.

kirab 3

Kepala Desa Ngadi, Basuki Eko Margono, menjelaskan kegiatan ini digelar setiap tahun saat hari kedelapan bulan Syawal. Tujuannya sebagai bentuk rasa syukur atas lancarnya puasa Ramadhan selama satu bulan penuh serta puasa Syawal selama 6 hari.

“Sebagai muslim ini wujud rasa syukur kami warga Ngadi atas kelancaran pelaksanaan puasa Ramadhan dan dilanjutkan puasa sebanyak 6 hari bulan Syawal. Dimana manfaat dari puasa 6 hari bulan Syawal ini diriwayatkan sama dengan puasa sebanyak 1 tahun penuh,” jelasnya.

Pada tahun ini, diungkapkan oleh Basuki, pelaksanaan kirab ketupat yang dipusatkan di wisata jajan ndeso sor pring Ngadi bukan tanpa tujuan. Hal ini sekaligus untuk mengangkat pamor dan potensi desa wisata Ngadi yang kini sedang hits di Kabupaten Kediri dan sekitarnya.

kirab 2

“Dalam satu tahun ini alhamdulillah desa wisata yang kami kembangkan bersama warga diterima oleh masyarakat Kediri dan sekitarnya. Dengan pelaksanaan kirab kami pusatkan disini, kami harap dapat mengangkat pula potensi wisata yang akhirnya dapat meningkatkan jumlah kunjungan dan kesejahteraan warga masyarkat Desa Ngadi,” ungkapnya.

Sebagai informasi, daftar acara kirab ketupat Desa Ngadi diawali genduri ketupat, lalu kirab ketupat dengan rute start di balai desa Ngadi dan finish di lokasi jajan ndeso sor pring Ngadi. Dilanjutkan dengan makan ketupat gratis dan hiburan musik patrol khas Desa Ngadi. (Kominfo/yda,lks,tj,wk)

Add comment


Security code
Refresh

banner