Sunday, 15 September 2019
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

'Ransel Sepeda' dari Karung Bekas

Kabupaten Kediri selain terkenal dengan kuliner dan wisata, ternyata juga memiliki beragam produk unggulan yang memberi keuntungan bagi masyarakatnya. Bahkan kali ini lebih istimewa karena berbahan dasar barang bekas.

Tak disangka barang bekas tidak terpakai ini masih bisa dimanfaatkan menjadi produk yang berkualitas. Berbekal keterampilan dan kecekatan dalam mengolah, salah satu warga Desa Payaman Kecamatan Plemahan bisa menghidupi keluarganya dari usahanya ini.

Produk tersebut adalah tas ransel yang terbuat dari karung bekas/blancing bekas. Masyarakat Kediri biasa menyebutnya "Rengkek/Obrok". Karena sering dipasang di boncengan sepeda, ada yang menyebutnya ‘Ransel Sepeda’. Rengkek ini biasa digunakan untuk berbelanja dalam jumlah banyak, karena memang didesain dengan space luas, dua ruang, kanan dan kiri.

Ibu Siti dan suaminya sudah menjalankan usaha ini sejak tahun 2015. "Usaha saya ini sudah berjalan 4 tahun. Dulu awalnya belajar sendiri, yang motong-motong itu bapak (suami) terus yang jahit saya," tuturnya (29/5).

"Pemasarannya ya cuma gini, dipajang di depan rumah, dan melalui orang-orang di pasar itu, dari mulut ke mulut," tambahnya. Dalam sehari Bu Siti bisa memproduksi 20 tas rengkek bersama suaminya. Itupun selalu ada yang beli untuk dipakai sendiri ataupun untuk dijual lagi.

Harganya pun relatif murah, Rp 25.000 per biji untuk rengkek sepeda motor, dan berlaku harga grosir untuk pembelian dalam jumlah banyak. Produk-produk yang dihasilkan berupa rengkek sepeda motor, rengkek sepeda ontel, dan tas belanja.

"Saya biasanya juga membuat tas buat belanja di pasar, saya jual Rp 5.000. Untuk bahan-bahannya pun alhamdulillah ngga pernah kehabisan. Biasanya ambil di Jombang, kalaupun ngga bisa ambil, bahannya diantar kesini," tambahnya.

Untuk Anda yang berminat dengan produk Bu Siti, bisa langsung mengunjungi kediamannya di Dusun Sawahan Desa Payaman Kecamatan Plemahan Kabupaten Kediri. (Kominfo/ftm,team,tee,wk)

Add comment


Security code
Refresh

Liputan UKM

banner