Monday, 19 August 2019
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Komitmen Pemenuhan Hak Anak Melalui KLA

layakanak 1

Kabupaten Kediri adalah satu dari 9 daerah di Jawa Timur yang masuk nominasi sebagai Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) tahun 2019. Setelah kemarin tim verifikasi lapangan dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA) melakukan kunjungan ke beberapa titik pantau, hari ini Kamis (23/5), tim memaparkan evaluasi kegiatan tersebut.

Dimulai mulai pukul 09.30 WIB, acara digelar di ruang rapat Wisma Tamu Pemkab Kediri dan dihadiri para kepala SKPD, tim verifikasi lapangan dari KemenPPPA. Rombongan disambut langsung oleh Wakil Bupati Kediri Drs. H. Masykuri, M.M.

layakanak 2

“Kenapa harus anak yang dipikirkan? Anak ini adalah investasi jangka panjang sebagai penerima tongkat estafet pembangunan dan kepimpinan di negeri ini. Dimana pada tahun 2030 nanti, kita mendapat bonus demografi yaitu anak-anak. Maka kita persiapkan menjadi generasi unggul sehingga bonus demografi ini menjadi berkah,” kata Wabup.

Wakil Bupati Kediri juga memaparkan bagaimana Pemerintah Kabupaten Kediri memenuhi hak sipil dan kebebasan anak, budaya, lingkungan keluarga dan pengasuhan, kesejahteraan dan kesehatan, pendidikan, pemanfaatan kegiatan luang, dan perlindungan khusus bagi anak-anak dalam situasi khusus.

“Oleh karena itu melalui pencanangan KLA, kita berusaha menyiapkan sebaik-baiknya generasi kita ini agar siap menerima kapasitas tongkat estafet dengan dinamika pertumbuhan di dunia ini,” imbuhnya.

layakanak 3

Pada pemaparan selanjutnya Rita Pranawati, MA selaku Wakil Ketua Komisi Perlindungan Anak (KPAI) Provinsi Jawa Timur juga menegaskan, bahwa sebenarnya KLA adalah bentuk komitmen dan kewajiban pemerintah daerah sebagai upaya pemenuhan perlindungan anak. Tidak hanya kebijakan saja, akan tetapi bagaimana implementasinya.

“Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh jajaran yang telah melaksanakan dan berpartisipasi dalam gerakan Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA), khususnya evaluasi KLA berbasis elektronik pada tahun 2019. Selamat atas masuknya Kabupaten Kediri pada tahapan verifikasi administrasi, tentunya ini semua untuk perlindungan anak secara umum,” kata Rita.

layakanak 4

Dilanjut oleh Ketua Tim Verifikasi Taufik Waida, M.Si. yang menjelaskan secara detail temuan mengenai situasi di lapangan. Rapat evaluasi membahas hasil temuan tim verifikasi di lapangan, serta saran dan masukan untuk meningkatkan kebutuhan menuju tahapan tertinggi pada Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA). Terlihat para Kepala SKPD juga memberikan tanggapan serta menerima masukan dari tim verifikasi. Acara ditutup dengan doa dan foto bersama. (Kominfo/fz,rx,tj,wk)

Add comment


Security code
Refresh

banner