Wednesday, 19 June 2019
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Bangkit Untuk Bersatu

Hari Kebangkitan Nasional yang jatuh pada tanggal 20 Mei merupakan salah satu hari bersejarah dalam pergerakan pemuda di tanah air. Hari Kebangkitan Nasional atau sering disingkat Harkitnas ini adalah untuk memperingati berdirinya organisasi Boedi Oetomo, sebagai tonggak bangkitnya rasa nasionalisme, semangat persatuan dan kesatuan untuk memperjuangkan bangsa dan negara.

harkitnas 1

Memperingati Hari Kebangkitan Nasional tahun 2019, digelar upacara bendera di Halaman Belakang Pemkab Kediri, (20/5). Cuaca yang cerah makin membuat semangat para peserta upacara, yakni para ASN di lingkup Pemkab Kediri, TNI, Polri, serta para pelajar yang telah berbaris rapi sejak pagi hari.

Sekda Kabupaten Kediri Dede Sujana, S.Sos, M.Si. bertindak sebagai inspektur upacara pada peringatan Harkitnas ke-111 tahun 2019 ini. Bertindak sebagai Komandan Upacara yaitu dari Satuan Sabhara Polres Kediri, Iwan CP.

Menyampaikan sambutan Bupati Kediri, Dede Sujana mengatakan, terdapat naskah Sumpah Palapa yang ditemukan dalam kitab Pararaton, yang artinya Gajahmada tak akan menghentikan api raga atau kuasanya sebelum mempersatukan nusantara. Sumpah Palapa tersebut merupakan embrio yang sangat kuat bagi janin persatuan Indonesia.

harkitnas 2

“Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ini sangat relevan dengan Sumpah Palapa tersebut. Kita dalam situasi paska pesta demokrasi. Kita mengaspirasikan pilihan yang berbeda-beda saat pemilu, namun semua pilihan adalah untuk kebaikan bangsa,” katanya.

Telah lebih satu abad ditorehkan catatan dan penghormatan atas kemajemukan bangsa yang ditandai dengan berdirinya organisasi Boedi Oetomo. Dalam kondisi kemajemukan posisi bahasa, suku, agama dan kebudayaan, bangsa Indonesia mampu menjaga persatuan sampai detik ini.

“Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ini bertepatan dengan suasana bulan Ramadhan. Bagi umat muslim, bulan suci ini menuntun kita untuk mengejar pahala dengna meninggalkan perbuatan permusuhan dan kebencian, serta senantiasa menjauhi penyebaran kebohongan dan fitnah,” tambah beliau.

harkitnas 3

Ditemui seusai upacara, Sekda Dede Sujana berharap, “Dengan adanya Sumpah Palapa yang dibahas pada amanat tadi, kita dapat membangun bangsa hingga bisa bersatu menuju kesejahteraan masyarakat yang lebih baik. Saya rasa itu point pentingnya,” pungkasnya. (Kominfo/(fz,rx,tj,wk)

Add comment


Security code
Refresh

banner