Tuesday, 17 September 2019
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Lestarikan Wayang Melalui Media Kardus

Kardus bekas biasanya dibuang atau dijual kiloan, namun Juki Santoso mampu mengubah kardus tak terpakai menjadi sebuah karya yang sangat unik, yaitu sebuah wayang. Juki beralamat di Griya Wayang Kasantosan Jati, Desa Jatikapur Kecamatan Tarokan Kabupaten Kediri.

wayang 1

“Anak-anak jaman sekarang jarang sekali memainkan wayang, bahkan mereka tidak mengetahui karakter-karakter wayang tersebut. Maka dari itu kita ingin memperkenalkan wayang kepada anak-anak,” terangnya, (10/5).

Proses pembuatan wayang kardus kurang lebih sama dengan wayang kulit. Dibuat dengan telaten mulai dari pemotongan dengan ukuran dan ketebalan yang disesuaikan, penggambaran pola dan pemahatannya pun sama dengan wayang kulit. Bedanya pahatan pada kardus tidak bisa sehalus wayang kulit. Kurang lebih dalam satu hari karakter wayang sudah jadi, tergantung tingkat kesulitannya. Mulai dari karakter bima, arjuna, bagong hingga batara surya lahir disini.

wayang 4

Untuk pemasarannya, Juki menjual wayang dengan sistem online ke seluruh pelosok nusantara dengan cara memesannya terlebih dahulu. Tak hanya di dalam negeri, wayang karya Juki pun sudah merambah hingga luar negeri.

Wayang kulit umumnya dibanderol dengan harga ratusan hingga jutaan rupiah, namun hanya dengan Rp. 75.000,- sudah bisa memiliki wayang kardus buatan pak Juki.

“Bisa sebagai alternatif untuk pecinta wayang karena harga wayang juga mahal dan bisa juga sebagai alternatif untuk pengenalan kepada anak-anak,” kata Juki.

wayang 3

Bagi Anda yang berminat membeli wayang kardus karya pak Juki, bisa datang ke Griya Wayang Kasantosan Jati, Desa Jatikapur Kecamatan Tarokan Kabupaten Kediri. Atau bisa menghubungi ke nomor 081-249-470-024. Anda juga bisa melihat hasil karya Pak Juki di Facebook: Juki Wayang Kediri. (Kominfo/je,team,tj,wk)

Add comment


Security code
Refresh

banner