Saturday, 24 August 2019
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Peran Serta MGMP Seni Budaya Sukseskan Tari Massal

Perhelatan akbar sajian tari masal dan prosesi Hari Jadi Kabupaten Kediri ke-1215 yang mengangkat tema “Nyawiji Hanyengkuyung Kadiri, Hanggayuh Mukti”, digelar di kawasan Simpang Lima Gumul, Senin (25/3/19). Para penari menampilkan empat tarian kolosal yang berkesinambungan satu sama lain.

mgmp 1

Empat tarian tersebut diantaranya, Tari Topeng Panji Gagahan Alus yang berkisah tentang sosok Panji dimana menjadi idola banyak orang karena sederhana,arif serta bijaksana. Yang kedua adalah tari Panji Laras yang mengisahkan rasa cinta Panji Laras kepada ayam jago kesayangannya.

Kemudian tari Sarinjingku yang bertujuan agar rinjing tetap mendapat tempat di masyarakat sebagai alat sehari-hari yang ramah akan lingkungan. Terakhir, drama tari Sang Bagawanta Bhari yang menceritakan legenda asal usul sungai Harinjing, sebagai cikal bakal diberikannya hadiah berupa penetapan wilayah bumi perdikan yang tertuang dalam Prasasti Harinjing.

Tari masal pada tahun ini, sekali lagi memberikan tempat untuk para siswa-siswi SD dan SMP se-Kabupaten Kediri untuk menunjukkan eksistensi mereka di bidang seni budaya. Ini juga bentuk kontribusi mereka lewat keikutsertaan dalam peringatan Hari Jadi Kabupaten Kediri.

Salah satu tarian yang ditampilkan, yaitu tari Panji Laras, dibimbing langsung oleh MGMP Seni Budaya SMP se-Kabupaten Kediri. Selama sebulan, sebanyak 255 siswa siswa-siswi SMP yang telah terseleksi dari 51 SMP se-Kabupaten Kediri mendapatkan bimbingan dari tim kreatif. Tim ini terdiri dari bapak ibu MGMP Seni Budaya yang berjumlah 15 orang dan bertugas mengkondisikan, membuat koreo, serta membuat properti untuk fragmen tari Panji Laras.

mgmp 2

Untuk tampilan hari jadi ini ada gabungan dari siswa SD, SMP dan sanggar-sanggar yang terkemas sedemikian rupa sehingga nyambungnya medley saja. Untuk kesulitan, tidak begitu sulit karena kita sudah ada tim yang saling membantu. Jadwal latihan juga sudah tertata sedemikian rupa. Tinggal semangat kebersamaan,” terang Ibu Wahyu Nianti, salah satu tim koordinator tari . Untuk kostum dan properti yang digunakan fragmen Panji Laras, dikerjakan dalam waktu kurang lebih satu bulan.

Untuk mempersiapkan tari masal tahun ini, dari MGMP yang tergabung dalam tim koordinator tari terdapat bapak pak Ari, bu Nurul dan bu Wahyu. Ibu Wahyu juga menyampaikan kepuasan dan harapan untuk acara Hari Jadi Kabupaten Kediri kedepannya.

“Capek itu pasti,tapi melihat anak-anak semangat kami pun jadi ikut semangat. Alhamdulillah melihat penampilan all out dari anak-anak tadi, saya pribadi sangat puas dan bangga pada mereka. Juga pada teman-teman yang sudah membantu dari proses awal hingga hari-H. Untuk kedepannya, semoga bisa dipersiapkan jauh-jauh hari agar lebih maksimal,” katanya.

mgmp 3

Ini sudah agenda ke dua kalinya untuk SMP bisa ikut berpartisipasi di hari jadi. Harapannya anak-anak bisa lebih mengenal khazanah budaya yang ada di Kabupaten Kediri, tambahnya.

Tari Massal peringatan Hari Jadi Kabupaten Kediri yang ke-1215 tahun 2019 telah tergelar meriah dengan dihadirkannya lagi siswa-siswi SD dan SMP se-Kabupaten Kediri. Semoga di tahun depan suasana sakral dan meriah tetap terjaga. (Kominfo/afi,tim,tj,wk)

Add comment


Security code
Refresh

banner