Thursday, 19 September 2019
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Penuhi Fasilitas Dasar di Area Desa Wisata

Pengembangan desa wisata di Kabupaten Kediri terus mendapat perhatian dari Bupati Kediri dr. Hj. Haryanti Sutrisno. Hal ini mengingat desa wisata memiliki dampak luas dalam mengakselerasi kemajuan pembangunan suatu wilayah.

Berkenaan dengan hal tersebut, Bupati Kediri menggelar audiensi dengan pelaku desa wisata di Kabupaten Kediri. Kegiatan ini diikuti oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro serta para kepala desa yang memiliki status sebagai desa wisata. Kegiatan ini bertempat di Sumber Podang Desa Joho Kecamatan Semen, Jumat (1/3/19).

Bupati Kediri dr. Hj. Haryanti Sutrisno dalam arahannya menyampaikan agar desa wisata terus menekankan potensi masing-masing desa dengan menonjolkan kearifan lokal. Selain itu beliau berpesan agar mengoptimalisasi potensi tersebut secara kreatif.

“Gali potensi secara kreatif. Misal di sumber air atau sungai yang terkait destinasi wisata, ada aturan air tidak boleh dibendung. Nah, kita bisa menggunakan pelepah pisang guna meningkatkan debit air. Sehingga bisa digunakan untuk wisata air,jelasnya.

joho 2

“Ini diperbolehkan seperti di wilayah bukit tinggi Sumatra. Karena warga memanfaatkan biasanya untuk beternak ikan. Sehingga irigasi tetap lancar dan wisata juga berjalan, tambahnya.

Lebih lanjut dijelaskan oleh Bupati Haryanti, untuk desa wisata yang sudah ada untuk terus mengembangkan destinasi wisatanya serta memperhatikan kebutuhan yang menjadi standar, misal toilet, masjid, parkir, rest area, homestay dan kebutuhan para penyandang disabilitas.

Agar pengunjung bisa betah dan destinasi wisata tersebut tidak ditinggal oleh pengunjung, kita harus penuhi dan berikan pelayanan dasar. Selain itu, terus jalankan koordinasi yang baik dengan pihak terkait misal Perhutani atau Pengairan. Agar tidak terjadi salah paham saat mengelola destinasi wisata yang berada di area Perhutani atau Pengairan,” pesan Bupati. (Kominfo/yda,lks,tj,wk)

Add comment


Security code
Refresh

banner