Wednesday, 19 June 2019
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Optimis Target Partisipasi Pemilih di Pemilu 2019 Capai 77,5%

Direktorat Jendral Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri melakukan kunjungan ke Kabupaten Kediri. Kunjungan ini bertujuan untuk memantau perkembangan politik dalam pelaksanaan Pilpres serta Pileg serentak yang akan dilaksanakan 17 April 2019 di wilayah Kab. Kediri. Acara tersebut dilaksanakan di Ruang Rapat Grahadi Pemkab. Kediri, Jum’at (1/3).

optimis 1

Hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Kediri Drs. H. Masykuri, MM, Staf Ahli Kementerian Dalam Negeri, Budi Prasetyo, Tim Pakar Dirjen Poldagri, Ari Junaidi beserta staf, Kasubid FLLP Poldagri Dedy Taryadi, Ketua KPU Kab. Kediri, Sapta Andaruisworo, perwakilan Polres Kediri dan Polres Kediri Kota, satker terkait, serta Bawaslu Kab. Kediri.

Pada kesempatan tersebut Budi Prasetyo menyampaikan, pemerintah khususnya Kementrian Dalam Negeri menginstruksikan mulai provinsi hingga ke kabupaten dan kota untuk membentuk tim pemantau Pemilu tahun 2019.

“Pemilu yang akan diselenggarakan pada 17 April 2019 mendatang merupakan agenda khusus, karena pemilihan yang dilaksanakan secara serentak terkecuali pilkada. Jadi ini merupakan implementasi dari perubahan Undang-Undang Pemilu No. 7 tahun 2017. Untuk itu pemerintah pusat berharap kesiapan seluruh pihak sehingga pemilu 2019 ini dapat berjalan lancar,” ucapnya.

Berikutnya Ketua KPU Kab. Kediri, Sapta Andaruisworo juga menambahkan, “Pemerintah Kabupaten Kediri optimis akan mampu memenuhi target jumlah partisipasi pemilih di Pemilu 2019 hingga 77,5%. Hal ini mengacu pada persiapan dan terkoordinasinya seluruh stakeholder instansi yang terkait. Kami sudah mempersiapkan terkait dengan pemilu serentak, diantaranya tentang keamanan. Kami sudah mengkoordinasikan dengan Linmas untuk berada di setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) sebanyak 2 orang,” jelasnya.

optimis 2

Sapta juga menjelaskan secara demografis jumlah penduduk se-Kabupaten Kediri berjumlah 1.649.426, pemilih (DPTHP-2) sebanyak 1.226.382, dan jumlah perekaman e-KTP sebanyak 1.211.460 orang. Sarana ruangan untuk panwaslu kecamatan dan PPk sudah difasilitasi oleh camat, dan sekretariat PPS difasilitasi oleh Kepala Desa.

Terkait dengan sosialisasi pemilu, Plt. Kepala Dinas Kominfo, Krisna Setiawan, SAP,M.Si. menjelaskan, ada ada dua metode yang digunakan. Pertama sosialisasi dengan sumbernya langsung yaitu dari Komisioner KPU. Kedua, sosialisasi melalui media mainstream (media cetak dan televisi) dan media sosial.

“Dengan media sosial optimalisasi penyampaian informasi untuk pemilu pada 17 April 2019 mendatang sangat penting. Dengan gencarnya sosialisasi dengan media sosial menurut kami sangat efektif dan berkembang dengan baik,” jelas Krisna Setiawan.

optimis 3

Ditemui di akhir acara, Budi Prasetyo berharap dengan kesiapan dan upaya sosialiasi yang dilaksanakan secara masif, target pemilih hingga 77,5% di Kab. kediri akan tercapai. “Pesan saya kepada masyarakat, datang ke TPS masing-masing dan salurkan hak suara Anda pada 17 April 2019,” ujarnya. (Kominfo/dn,rx,tj,wk)

Add comment


Security code
Refresh

banner