Friday, 24 May 2019
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Indahnya Kebun di Dalam Akuarium

aqua 1

Seni mengatur tanaman air dan batu, batu karang, koral, atau kayu apung, secara alami dan indah di dalam akuarium populer dengan nama Aquascape. Saat ini sudah banyak yang menyukai aquascape sebagai hiasan di dalam rumah sehingga jadi tampak alami dan semakin indah.

Di Kabupaten Kediri salah satu seorang seniman penghias akuarium bernama Hidayat. Menurutnya aquascape tersebut baru ngehits sejak tahun 2006 lalu dan barulah masyarakat di Indonesia belajar membuatnya.

Hidayat yang juga seorang ASN di Kabupaten Kediri memiliki dasar ilmu seni rupa saat menjadi mahasiswa di salah satu universitas terkemuka di Makasar. Di sela-sela tugasnya melayani masyarakat, sepulang kerja ia mencoba kembali mengasah kemampuan seninya.

aqua 2

"Baru dua tahun lalu saya memberanikan diri membuka jasa membuatkan aquascape di rumah-rumah,” ungkapnya.

"Lumayan mas, sampai sekarang sudah banyak pesanan. Dalam satu bulan pasti ada saja yang menginginkannya," jelasnya.

Namanya seni itu harganya tak bisa diukur dengan uang. Semakin bagus dan tingkat kesulitannya tinggi, harganya pun akan mahal.

“Tapi kami bisa menyesuaikan dengan pemesan mempunyai budget berapa. Dari uang tersebut kami akan belanjakan seluruh kebutuhan membangun sebuah aquascape yang indah. Ada yang menginginkan sederhana tapi bagus seharga 500 ribu. Ada pula yang menginginkan aquascape yang sangat bagus dan isi didalamnya komplit mencapai 3-7 juta rupiah,” urai Hidayat.

aqua 3

Media yang digunakan adalah tanaman air, batu kali, batu apung dan kayu yang bagus. Bahan-bahan tersebut dipadukan hingga menyerupai kebun di dalam akuarium dan nampak hidup. Salah satu hasil karyanya adalah aquaspace di ruang tunggu tamu Bupati Kediri. Perpaduan tumbuhan hijau, bebatuan, pasir, dan ikan yang lalu lalang, tampak begitu indah dan tak membosankan.

Tujuan utama dari aquascape adalah untuk menciptakan sebuah gambaran “bawah air”, sehingga aspek teknis pemeliharaan tanaman air juga harus dipertimbangkan. Banyak faktor yang harus seimbang dalam ekosistem dari sebuah tangki akuarium untuk memastikan keberhasilan terciptanya sebuah keindahan dari seni aquascape.

aqua 4

“Jika menginginkan jasa membuat aquascape bisa langsung datang ke rumah saya di Perumahan Sekar Pamenang A7, Jl. Pamenang Kecamatan Ngasem. Atau bisa menghubungi nomor HP. 089644618460 serta akun IG @dy_scape. (Kominfo/lks,tj,wk)

Add comment


Security code
Refresh

Liputan UKM

banner