Monday, 19 August 2019
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Eksplor Potensi Desa Dengan Foto Yang Menarik

Pelatihan dan Pembinaan Fotografi dan Jurnalistik Karang Taruna Desa Paron kembali dilaksanakan pada hari Kamis, 14 Februari 2019. Pelatihan di hari kedua ini diisi dengan kegiatan praktik pengambilan gambar bersama. Kegiatan tersebut dilaksanakan guna mempraktikkan teori art fotografi yang sudah disampaikan di hari sebelumnya.

Selain teori, praktik ini melatih peserta untuk memotret dengan teknik yang telah diajarkan agar menghasilkan gambar yang bagus. Sebagian besar peserta menggunakan kamera handphone. Namun dengan teknik, angle, dan komposisi yang tepat, ditambah kekreatifan peserta, hasil foto kamera handphone tak kalah dengan kamera profesional.

kartar 2

Menurut Hanafi, gambar sangat mempengaruhi sebuah informasi di berbagai media. “Sebuah informasi haruslah menarik perhatian pembaca. Penulisan yang menarik juga harus disertai gambar yang bagus,” ujar pemateri dari Radar Kediri ini.

Diikuti seluruh peserta Karang Taruna dan didampingi oleh tim Dinas Kominfo Kabupaten Kediri serta pemateri, kegiatan dilaksanakan pukul 08.00 WIB di lokasi pengambilan foto yaitu Sumber Paron. Sesampainya di lokasi, seluruh peserta langsung menyiapkan kamera dan berkeliling lokasi untuk mengambil gambar dengan berbagai objek. Air, pohon, dan hewan di sekitar sumber tak luput dari bidikan. Begitu juga dengan warung, para pengunjung maupun warna-warni playground.

kartar 3

Selain mengambil foto di sekitar Sumber Paron, mereka juga melaksanakan praktik mengambil foto berbagai potensi Desa Paron mulai dari telur puyuh, kacang goreng, ikan cupang, dan beberapa kerajinan tangan. Aneka produk tersebut dibawa ke balai desa dan dipajang bergantian untuk dijadikan obyek foto.

Hasil foto dari seluruh peserta kemudian dievaluasi pemateri. Ia pun memberikan tips dan cara pengambilan foto agar bagus dan menarik. Beberapa foto sudah terlihat menarik, ada juga salah satu peserta yang membuat kagum pemateri dengan hasil foto yang bagus. Hal tersebut terjadi karena minat peserta sangat tinggi untuk mempelajari teknik fotografi.

kartar 4 

“Pelatihan ini bermanfaat bagi seluruh anggota Karang Taruna Desa Paron agar dapat mengeksplor potensi-potensi yang ada di Desa Paron, yang dikemas dalam bentuk informasi yang menarik dan sesuai dengan kaidah jurnalistik,” ujar Ahmad Bintoro Wakil Ketua Karang Taruna. Di akhir kegiatan, seluruh peserta melaksanakan foto bersama pemateri dan pulang dengan membawa ilmu yang telah didapat. (Kominfo/daw,all team,tj,wk)

Add comment


Security code
Refresh

banner