Monday, 24 June 2019
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Dari Penuh Kotoran Hingga Mampu Datangkan Wisatawan

Desa Mejono Kecamatan Plemahan mampu ciptakan wisata air yang menakjubkan. Wisata tersebut diberi nama Wisata Air Gronjong Wariti. Tak menyangka, wisata air ini berawal dari aliran sungai yang kumuh, kotor, serta dangkal yang mengaliri Desa Mejono.

Kondisi sungai tersebut disebabkan adanya kebiasaan masyarakat yang sering membuang sampah di lokasi sungai. Melihat kondisi seperti itu, Kepala Desa, pengurus Bumdes, pendamping desa, SDM setempat serta seluruh masyarakat desa bergerak untuk menciptakan sungai yang bersih, mengurangi erosi hingga bisa menjadi sebuah wisata air.

Proses menciptakan wisata air tersebut, tentunya sudah dilakukan melalui koordinasi seluruh pihak yang berperan untuk mengonsep lokasi wisata. Tahap awal pembuatan wisata air tersebut dengan cara membersihkan daerah aliran sungai dari sampah rumah tangga dan ranting-ranting pohon terlebih dahulu. Setelah itu lokasi sungai ini ditata sedemikian rupa untuk membentuk tempat wisata yang rindang, asri, serta nyaman bagi para pengunjungnya.

wariti 2

 

Tidak hanya penataan daerah aliran sungai, mereka juga memperindah lokasi wisata dengan lukisan-lukisan yang memiliki unsur nilai seni serta menghiasi sungai dengan ikan koi. Selain itu, wisata air ini dilengkapi berbagai macam wahana yang dapat dinikmati wisatawan mulai dari rafting, perahu, sepeda air, flying fox, taman dan dilengkapi gazebo-gazebo yang menyediakan aneka kuliner.

Untuk wisatawan yang ingin merasakan segar dan jernihnya air sungai tersebut juga dapat menceburkan diri ke dalam sungai yang tentunya sudah dilengkapi dengan pengaman. Tidak perlu khawatir, akses menuju lokasi juga sudah dilengkapi dengan jembatan rabat.

wariti 3

 

Setelah adanya wisata air ini, banyak sekali wisatawan dari Kediri maupun dari luar Kediri yang senang dan datang untuk mencoba wahana air. Tidak hanya itu saja, adanya wisata air ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat serta membentuk masyarakat yang lebih cinta dan merawat aliran sungai yang menjadi aset Desa Mejono.

Dimas salah satu pengelola Gronjong Wariti mengatakan, keberadaan wisata air ini sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. “Banyak warga yang dulunya nganggur sekarang kerja disini. Ada yang jualan, ada yang jadi pemandu rafting atau buka jasa parkir. Alhamdulillah makin banyak yang mengetahui tempat ini, paling ramai ketika liburan. Seperti lebaran kemarin, pemasukan mencapai 15 juta,” katanya (28/12).

wariti 4

Bagi Anda yang penasaran ingin mencoba wisata air ini langsung saja berkunjung ke Desa Mejono. Anda juga dapat melihat hasil postingan Wisata Air Gronjong Wariti di akun Facebook : Gronjong Wariti dan Instagram : gronjong_wariti. (Kominfo/daw,tj,wk)

Add comment


Security code
Refresh

banner