Sunday, 25 August 2019
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Diskusi Bersama Para Pelaku Desa Wisata

kebun 1

Bupati Kediri dr. Hj. Haryanti Sutrisno mengajak diskusi para pelaku desa wisata yang ada di Kabupaten Kediri. Acara diskusi ini diikuti oleh 22 desa wisata di Kabupaten Kediri dan digelar di Kebun Bibit Alam Tani Desa Mejono Kec. Plemahan, Rabu (19/12).

Dalam diskusi tersebut Bupati Kediri mendengarkan satu persatu pernyataan dari para pelaku desa wisata tersebut. Banyak sekali yang dibahas dalam diskusi ini mulai dari bagaimana cara menciptakan inovasi, permasalahan yang dihadapi, hingga perijinan yang harus diurus.

kebun 2

“Kita bisa mengambil contoh Desa Jambu Kec. Kayen Kidul. Desa ini awalnya jarang orang mengenalnya. Berkat kegigihan dari kepala desanya, sekarang siapa yang tidak kenal dengan Desa Jambu,” kata Bupati.

Setelah beberapa bulan dilantik, Kepala Desa Jambu Pak Agus langsung membuat gebrakan dengan memberikan bibit kelengkeng kepada warga desanya secara gratis. Dengan serempak para warga menanam buah kelengkeng dan akhirnya Desa Jambu terkenal sebagai sentra buah kelengkeng.

“Tidak berhenti disitu saja, Kades Agus juga membuat inovasi baru dengan membuat wisata sungai sejuta ikan, tubing, petik kelengkeng, dan lain-lain. Dari situlah warga memanfaatkannya dengan berjualan di sekitar paket wisata tersebut,” terang Bupati Kediri dr. Hj. Haryanti Sutrisno.

kebun 3

Ditambahkan oleh Agus Joko Susilo, membuat inovasi wisata itu tidak mudah. “Saya menggandeng pemuda desa, ibu-ibu rumah tangga dan lain-lain untuk saling membantu dan mendukung program-program desa. Sosialisasi terus kami lakukan untuk meyakinkan warga agar turut serta,” jelasnya.

Desa Jambu tidak seperti desa-desa lain yang memiliki bukit yang indah, pegunungan maupun air terjun. Oleh karena itu kita harus berpikir kreatif dan inovatif mencari peluang apa yang ada di desa. Dulu sungai sejuta ikan adalah sungai yang sangat keruh dan kotor karena sampah. Oleh warga sungai tersebut dibersihkan, kemudian ditebarkan benih ikan.

Kembali berkat media sosial dan membuat sebuah opini agar masyarakat penasaran untuk datang ke Jambu. Ketika berada di Desa Jambu sambutan hangat warga yang ramah menjadi salah satu kunci keberhasilan Desa Jambu.” Terima kasih kepada Bupati Kediri atas bimbingan dan dukungannya selama ini,” lanjutnya.

kebun 4

Kesimpulan dari diskusi ini adalah inovasi membangun dan mengambangkan potensi desa sangatlah penting demi meningkatkan kesejahteraan warga. Dibutuhkan keuletan, ketelatenan serta kerjasama semua pihak. Tak lupa promosi melaui media sosial harus terus dilakukan agar desa-desa semakin terkenal dan banyak dikunjungi. (Kominfo/lks,dn,tj,wk)

Add comment


Security code
Refresh

banner