Sunday, 16 June 2019
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Kembangkan Potensi Tanaman Hias Lewat Festival Florikultura

flori 1

Pemerintah Kabupaten Kediri melalui Dinas Pertanian dan Perkebunan menggelar Festival Florikultura yang dilaksanakan di area Terminal Simpang Lima Gumul Kediri pada Minggu (16/12). Acara tersebut dibuka oleh Ibu Bupati Kediri dr. Haryanti Sutrisno, dan turut dihadiri juga oleh Pengurus DPP Perhimpunan Anggrek Indonesia (PAI) dan Pengurus DPP Penggemar Bonsai Indonesia Cabang Kediri.

Sebelum memberi sambutan, Ibu Bupati menyempatkan diri untuk melihat tanaman-tanaman yang dipamerkan seperti bonsai dan anggrek. Selain diikuti oleh para peserta dari dalam daerah, lomba ini juga diikuti para peserta dari luar Kediri, seperti dari Jombang, Blitar, dan lain sebagainya.

flori 4

Bupati Kediri dr. Hj. Haryanti Sutrisno berharap acara ini dapat dilaksanakan lagi sampai tingkat nasional sehingga dapat meningkatkan peminat anggrek dan bonsai.

“Saya harap lomba ini dapat dilaksanakan lebih dari satu kali dan dapat dijadwalkan secara nasional. Selain itu untuk membangkitkan semangat kepada para pemula dapat diikutsertakan pada lomba ini. Karena pentingnya pameran dan lomba ini, diharapkan dapat membantu menyebarkan iklan dan informasi kegiatan ini lewat media sosial sehingga para peminat lebih banyak yang datang dan mempersiapkan jauh hari dan saya kira pasti lebih meriah lagi,” katanya.

flori 3

“Kegiatan ini juga dapat meningkatkan minat terutama pada anggrek. Kita tahu bahwa Batu adalah kota yang sangat membutuhkan dan mereka tidak bisa membeli dari daerah Jawa Timur sehingga mereka membelinya dari Jawa Barat. Alangkah baiknya para peminat di daerah Kediri, Jombang dan sekitarnya bisa bersama-sama maju untuk membuat area anggrek yang sebesar-besarnya kemudian dapat kita jual bersama, sehingga cost untuk mengirimnya jauh lebih irit,” lanjut Ibu Bupati.

Pada kesempatan ini Bupati Haryanti juga menyerahkan hadiah kepada para pemenang lomba dan menyerahkan sertifikat pengukuhan kepada pengurus PAI Cabang Kediri.

flori 2

Plt. Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Kediri Anang Widodo, SP juga mengatakan kegiatan ini adalah upaya untuk menggali potensi Kabupaten Kediri. “Ini juga kita sama-sama belajar dan berkomitmen mengembangkan tanaman hias di Kabupaten Kediri. Dan setelah acara ini, kita dapat duduk bersama pada asosiasi tanaman hias se-Kabupaten Kediri karena selama ini mereka berjalan sendiri sesuai komunitasnya masing-masing," kata Anang. (Kominfo/in,daw,fz,tj,wk)

Add comment


Security code
Refresh

banner