Friday, 18 January 2019
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Sinergitas Lembaga Swasta dalam Pembangunan

Bertempat di Bukit Daun Hotel & Resort Kecamatan Semen, Selasa 11 Desember 2018, Dinas Kominfo menyelenggarakan Pelatihan Bidang Komunikasi dan Informasi dalam kegiatan ‘Sinergitas Lembaga Swasta dalam Pembangunan’.

paud 1

Acara yang bakal digelar selama empat hari ini diikuti oleh para anggota Himpaudi (Himpunan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia) Kabupaten Kediri. Hadir pula pada kesempatan ini Kepala Dinas Pendidikan Drs. Mujahid, Sekretaris TP3 Drs. H. Eko Ediyono, M.Si dan Romi Djatmiko.

Materi yang disampaikan pada kegiatan ini adalah Akreditasi lembaga PAUD. Dalam operasionalnya akreditasi PAUD dan Kebijakan dan Mekanisme Akreditasi PAUD dan PNF (Pendidikan Non Formal) Tahun 2018 | 7 PNF menggunakan instrument penilaian yang rancang berdasar kriteria yang bersifat terbuka. Hasil akreditasi sendiri merupakan bentuk akuntabilitas publik yang harus dilakukan secara obyektif, adil, transparan, dan komprehensif.

paud 2

Adapun manfaat akreditasi bagi sekolah adalah sebagai acuan dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan dan rencana pengembangan sekolah. Selain itu juga sebagai bahan masukan untuk pemberdayaan dan pengembangan kinerja warga sekolah. Sekolah yang terakreditasi ini juga mendapatkan dukungan dari pemerintah, masyarakat maupun sektor swasta dalam hal moral, dana, tenaga dan profesionalisme.

Sedangkan bagi kepala sekolah, akreditasi adalah sebagai bahan informasi untuk pemetaan indikator keberhasilan kinerja warga sekolah termasuk kinerja kepala sekolah selama 1 periode (4 tahun), serta bahan masukan untuk penyusunanan anggaran pendapatan dan belanja sekolah. Bagi guru, akreditasi dapat menjadi pendorong untuk selalu meningkatkan diri bekerja keras untuk memberi layanan yang terbaik bagi siswanya.

paud 3

Setelah menyimak materi, para peserta dibagi dalam beberapa kelompok untuk mengerjakan tugas. Tugas ini berkaitan dengan delapan standar nasional pendidikan, yaitu standar kompetensi lulusan, isi, proses, pendidik dan tenaga kependidikan, sarana prasarana, pengelolaan, pembiayaan dan penilaian. (Kominfo/tee,tj,wk)

Add comment


Security code
Refresh

banner