Tuesday, 18 June 2019
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Peran KIM Dalam Meningkatkan Literasi Informasi

Seiring berkembangnya informasi, terkadang masih banyak masyarakat yang belum mengetahuinya secara luas. Hal tersebut menimbulkan kurangnya informasi yang diperoleh oleh masyarakat, bahkan masyarakat akan mudah terpengaruh informasi yang tidak benar. Berdasarkan hal tersebut, peran Kelompok Informasi Masyarakat selaku kelompok yang peduli dan berperan dalam memberikan informasi kepada masyarakat sangatlah penting.

Untuk itu Dinas Kominfo Kabupaten Kediri terus melaksanakan Pembinaan dan Pengembangan Kelompok Jaringan Komunikasi dan Informasi di berbagai desa. Salah satu pembinaan dan pengembangan kali ini dilaksanakan di Balai Desa Purwodadi Kecamatan Ringinrejo, Kamis (6/12).

pwr 2

 

Narasumber pada kegiatan ini yaitu Yulianto dari KIM Kampung Labu Madu hadir untuk memberikan materi tentang pengertian, manfaat KIM, hingga cara memanfaatkan potensi yang ada di daerah Purwodadi. “Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) adalah anggota atau wahana yang peduli dengan informasi serta perkembangan daerah” ujarnya. Pembentukan Kelompok Informasi Masyarakat ini tidaklah terikat, artinya seluruh anggota bebas dari kalangan apa saja. Namun yang lebih banyak diutamakan yaitu masyarakat dengan usia masih muda yang melek informasi.

Adanya potensi ternak, sangat membuka lebar kesempatan seluruh warga Purwodadi untuk mengembangkan daerah serta membuka peluang ekonomi. “Contoh potensi ternak, warga dapat memanfaatkan telur yang divariasi sekreatif mungkin entah dibuat olahan kuliner ataupun dibuat kerajinan tangan dari cangkang telur,” tambahnya.

pwr 3

 

Seluruh peserta mulai dari perangkat desa dan Kelompok Informasi Masyarakat sangat antusias mendengarkan dan tertarik mencoba peluang yang disampaikan oleh narasumber. Tidak hanya peserta, Kepala Desa Purwodadi Komari juga sangat senang dengan adanya pembinaan tersebut. “Saya berharap adanya pembinaan ini, nantinya KIM di Desa Purwodadi bisa menjadi jembatan antara masyarakat dengan warga dalam menyampaikan informasi serta mengangkat potensi di Desa Purwodadi,” ucapnya. (Kominfo/daw,team,tj,wk)

Add comment


Security code
Refresh

banner