Saturday, 15 December 2018
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Dorong Inovasi Desa Dengan Menyertakan Kearifan Lokal

inovasi1

Kegiatan penghargaan Anugrah Desa dapat mendorong desa-desa di Kabupaten Kediri dapat terus berinovasi. Walau bukan inovasi yang canggih, namun yang terpenting manfaat inovasi tersebut dapat dirasakan masyarakat.

Demikian disampaikan Plh. Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD), Heru Setyawan, dalam acara pemberian penghargaan Anugrah Desa di Balai Desa Gadungan, Kecamatan Puncu, Kamis (29/11). Penyerahan penghargaan dilakukan langsung oleh Bupati Kediri, dr. Hj. Haryanti Sutrisno.

inovasi2

“Inovasi walau sederhana tidak apa-apa. Tapi yang terpenting dampak inovasi dapat dirasakan masyarakat secara langsung. Ini yang kami harapkan banyak desa yang berinovasi dalam membangun desanya. Pada akhirnya untuk kepentingan masyarakat desa,” jelasnya.

“Bisa pula inovasi atau terobosan baru inovasi untuk memperbaiki gagasan yang sudah ada dengan memperhatikan kearifan lokal. Seperti di Desa Karangtengah Kecamatan Kandangan. Dengan kartu sehatnya. Ini prinsipnya sederhana namun manfaatnya luar biasa. Bisa diaplikasikan dengan modifikasi di desa lain,” tambahnya.

inovasi3

Ditambahkan oleh Heru, kegiatan anugrah desa merupakan dorongan dari Pemkab Kediri untuk meningkatkan inovasi desa dalam mengefektifkan dana desa agar manfaatnya dirasakan masyarakat. melalui pembangunan infrastruktur, pembangunan ekonomi lokal, dan peningkatan SDM.

“Semoga di tahun 2019, desa yang lain menjadi lebih baik. Semakin banyak yang berinovasi sehingga menjadi desa maju dan mandiri,” pungkasnya.(kominfo/yda,ans,tj,wk)

banner