Saturday, 15 December 2018
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Kelola Sampah dengan Reduce, Reuse, Recycle

Peresmian tempat pengolahan sampah (TPS) Wates Bersinar telah dilaksanakan pada Kamis, (22/11). Pada kesempatan itu Plt. Kepala Dinas Lingkungan Hidup oleh Putut Agung Subekti, S.E., M.M juga menyerahkan kunci kendaraan operasional secara simbolis kepada pekerja TPS 3R Water Bersinar.

3R 1

Seluruh tamu undangan kemudian meninjau TPS yang didalamnya sudah lengkap dengan fasilitas dan barang operasional. Pengelola pun aktif menjelaskan fungsi dan pengoperasian alat yang ada di TPS 3R ini.

Konsep 3R ini merupakan pengelolaan yang menjadikan tempah pembuangan sampah dengan cara meminimalisir dengan memisahkan antara sampah berbahan plastik dengan sampah berbahan organik untuk didaur ulang sehingga memiliki nilai manfaat guna. TPS ini juga memiliki fasilitas yang mumpuni seperti ruang kerja kantor, alat pemilahan sampah, alat pengolahan sampah organik, gerobak sampah, beberapa kendaraan operasional, serta lokasi yang cukup luas tertata.

3R 2

Perlu diketahui TPS 3R di Kabupaten Kediri sudah ada tiga titik yang beroperasional. Ketiga titik lokasi itu yaitu tahun 2015 ada di Pare, pada tahun 2017 ada di Paron, dan tahun 2018 di Wates yang baru saja diresmikan. 3R sendiri terdiri dari reduce (mengurangi), reuse (menggunakan kembali), dan recycle (mendaur ulang).

"Diharapkan dengan adanya TPS 3R ini dapat menjadi solusi pengelolaan secara tepat dan terpadu akibat menumpuknya sampah yang ada saat ini, sekaligus sebagai pemberdayaan masyarakat dalam mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat." ucap Plt. Kepala Dinas Lingkungan Hidup.

3R 3

"Pemerintah Kabupaten Kediri melalui Dinas Lingkungan Hidup senantiasa mendukung dan terus mendampingi pengoperasionalan TPS 3R ini," imbuh Putut Agung Subekti.

Peresmian TPS 3R Wates Bersinar ini memiliki monumen yang dulunya merupakan bekas cerobong pembakaran sampah yang dijadikan simbol memorial atau pengingat bahwa dulunya pengelolaan sampah di TPS ini dengan bakar. (Kominfo/fz,us,tj,wk)

Add comment


Security code
Refresh

banner