Tuesday, 17 September 2019
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Sosialisasi Pencegahan Pungli Polda Jatim

Polda Jawa Timur menggelar acara sosialisasi mencegah pungutan liar (Pungli) di hadapan lurah, kepala desa, camat dan Unit Pemberantasan Pungli (UPP) serta Babinkantibmas di wilayah hukum Polres Kediri Kota. Kegiatan ini dilaksanakan di Hotel Bukit Daun, Kamis (22/11).

Inspektur Pengawas Daerah (Irwasda) Polda Jatim, Kombes Pol Soetardjo, mengatakan, sosialisasi dilakukan kepada seluruh kabupaten/kota di Jawa Timur dalam rangka untuk menghindari dan menanggulangi praktek pungli di masyarakat.

"Tim Saber Pungli sudah berulang kali melakukan tindakan tangkap, namun selain penangkapan, kami juga terus melakukan upaya pencegahan agar tidak terjadi lagi tangkap tangan pungli," jelas Soetardjo.

Ditambahkan lagi oleh Soetardjo, dari hasil rapat koordinasi dengan Gubernur Soekarwo, di awal tahun 2018 saja telah ditemukan 50 perkara pungli yang berlanjut ke persidangan. Ini belum termasuk ratusan perkara pungli lainnya yang masih dalam sebatas tahap peringatan dan diserahkan ke masing-masing kepala daerah.

Untuk itu diperlukan sosialisasi, terutama bagi petugas Babinkamtibmas di desa-desa yang berfungsi sebagai pengawas penggunaan anggaran desa. Sehingga bisa mencegah dan memberikan wawasan kepada mereka agar tidak melakukan pungli,” tambahnya.

"Pernah kita amankan setiap tahunnya ada 5-6 kepala desa terlibat kasus pungli dan korupsi dana desa. Jangan sampai di tahun ini masih saja ada kejadian pungli. Untuk itu peran Babinkamtibmas menjadi mitra kepala desa untuk mengawasi namun tidak ikut campur terkait peruntukannya di daerah agar tidak melakukan kesalahan," tuturnya.

Bila ada informasi dan mengetahui tindakan pungli informasikanlah kepada pihak terkait, seperti tim saber pungli. Jika memang menjumpai aparat atau pejabat publik yang melakukan pungli, laporkan saja ke kita. Begitu juga aparat, jangan melakukan pungli," pesannya. (Kominfo/yda,tj,wk)

Add comment


Security code
Refresh

banner