Saturday, 15 December 2018
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Wonocatur Juarai Lomba Kader Jumantik 2018

Setelah melalui berbagai tahapan, Lomba Kader Jumantik Kabupaten Kediri berakhir pada Rabu (21/11), seiring dengan diumumkannya para pemenang di Ruang Sekartaji Pendopo Kab. Kediri. Pelaksanaan lomba ini dimulai Juli 2018 lalu dan telah melalui berbagai tahapan, mulai dari pengumuman lomba, seleksi administrasi 15 proposal, pengecekan di lapangan, penentuan 6 nominasi, pembinaan dan kroscek lapangan, evaluasi, serta pengumuman pemenang.

wncatur 1

Pada puncak lomba Kader Jumantik tersebut perwakilan kader dari 6 desa melakukan presentasi dari kegiatan PSN yang dilakukan. Enam desa ini yaitu Desa Banyuanyar Kec. Gurah, Desa Blabak Kec. Kandat, Desa Tengger Kidul Kec. Pagu, Desa Jemekan Kec. Ringinrejo, Desa Wonocatur Kec. Ngasem, dan Desa Tulungrejo Kec. Pare. Selain dihadiri Tim Pelaksana Program PSN DBD, presentasi peserta juga dinilai oleh Afi Rahayu selaku staf pengelola Program DBD Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur.

Dengan penuh semangat, dua orang perwakilan masing-masing desa menampilkan yel-yel dan menjelaskan kegiatan yang telah terlaksana di wilayahnya. Gerakan 1 Rumah 1 Jumantik menjadi fokus para kader ini dalam menyukseskan PSN DBD. Beberapa diantaranya juga memaparkan inovasi untuk menanggulangi DBD, seperti Gerai Tiru (Gerakan Serai Tiap Rumah) di Desa Wonocatur, pembuatan ovitrap dan Hari Kaget PSN di Desa Tengger Kidul, dan pembentukan Jumantik Cilik di Desa Jemekan Kec. Ringinrejo.

wncatur 2

Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Dinkes Kab. Kediri Nur Munawaroh mengungkapkan, penyelenggaraan lomba diharapkan dapat memotivasi para kader untuk lebih optimal dalam mendampingi pemberdayaan masyarakat dalam pengendalian DBD melalui gerakan 1 Rumah 1 Jumantik.

“Semoga setelah lomba ini bisa lebih memperkuat komitmen sektoral yang tergabung dalam Timlak PSN DBD Kabupaten dan Kecamatan, bersama kader masing-masing wilayah untuk meningkatkan peran sertanya dalam penggerakan PSN DBD di masyarakat,” ujarnya.

wncatur 4

Dari hasil penilaian baik administrasi, verifikasi lapang dan presentasi, para juri memutuskan para juara pada Lomba Kader Jumantik Kab. Kediri 2018. Juara 1 diraih oleh Desa Wonocatur, Juara 2 Desa Jemekan, Juara 3 Desa Banyuanyar, Juara Harapan 1 Desa Tengger Kidul, Juara Harapan 2 Desa Tulungrejo dan Juara Harapan 3 Desa Blabak. Penyerahan trophy rencananya akan dilakukan pada puncak Hari Kesehatan Nasional Desember mendatang. (Kominfo/tee,rx,tj,wk)

banner