Friday, 23 August 2019
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Menikmati Kelud Lewat Sisi Onga'an

Gunung Kelud memang penuh pesona. Dilihat dari sisi manapun, tak jua bosan untuk dipandang. Salah satunya menikmati panorama Gunung Kelud dari sisi sebelah utara, tepatnya dari Bukit Onga’an, Desa Besowo, Kecamatan Kepung. Hmm, hati selalu takjub dan mengagumi ciptaan Alloh yang terlalu cantik ini.

ongakan1

Destinasi wisata yang sudah dibuka sejak 2016 ini memang ibarat gadis yang masih perawan. Bagaimana tidak, bila memasuki wisata di sini Anda akan langsung merasakan nuansa sejuk dan masih alaminya daerah ini.

Pepohonan rindang dan berukuran besar akan menyambut Anda begitu menginjak zona wisata ini. Ukuran pohonnya benar-benar besar karena tidak cukup dalam rangkulan empat orang ukuran dewasa. Hal ini karena wilayah ini merupakan area hutan lindung. Sehingga pohon memang tidak boleh ditebang guna menjaga ekosistem lahan hutan yang menyangga Gunung Kelud.

ongakan2

Begitu sampai di Onga’an, Anda langsung disajikan pemandangan Bukit Kura-Kura. Diberi nama demikian karena bentuk bukit ini berbentuk tempurung kura-kura. Konon cerita menurut warga sekitar ini merupakan wilayah kerajaan monyet di Gunung Kelud.

Namun, hal seru lainnya tidak sampai disini. Karena tujuan favorit pengunjung kesini ternyata adalah rumah pohon di titik nol Onga’an. Dari lokasi parkir kendaraan jaraknya sekira 50 meter dan harus ditempuh dengan jalan kaki. Karena masih jalan setapak menanjak dan berkemiringan 75 derajat.

Tiba di titik nol Onga’an, rasa lelah Anda akan terbayar lunas. Disini Anda akan disuguhi pemandangan yang sangat luar biasa. Spot pemandangan yang dapat dilihat dari sini adalah Gunung Kawi, Gunung Arjuna, Gunung Anjasmara, Puncak Gunung Kelud dan Puncak Gajah Mungkur. Hmmm, ini namanya menang banyak.

ongakan3

Puncak Gunung Kelud begitu jelas terlihat dari titik ini. Hal ini karena memang hanya berjarak sekira 600 meter. Selain itu hamparan luas wilayah Kediri, Malang, Jombang juga terlihat jelas dari sini. Bahkan Waduk Siman dan Selorejo terlihat begitu dekat.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kediri, Adi Suwignyo, mengatakan adanya destinasi wisata Onga’an di Desa Besowo, Kecamatan Kepung ini diharapkan dapat meningkatkan jumlah wisatawan yang datang ke Kabupaten Kediri. Dimana lewat peningkatan wisatawan nantinya juga memberikan dampak positif bagi warga sekitar.

“Sektor pariwisata dapat memberikan multi efek terhadap segala sendi kehidupan warga. Terutama dalam peningkatan atau akselerasi pembangunan suatu wilayah. Harapannya wisata ini hadir dan dapat memberikan dampak positif bagi kesejahteraan warga Besowo khususnya dan Kabupaten Kediri umumnya,” terangnya kepada Komifo (16/11). (Kominfo/yda,tj,wk)

Add comment


Security code
Refresh

banner