Monday, 19 November 2018
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Pilkades Adalah Pembelajaran Demokrasi Warga

banyakan 1

Rabu 7 November 2018, sebanyak 32 desa di Kabupaten Kediri menggelar Pilkades serentak. Desa-desa tersebut tersebar di 18 kecamatan yaitu Kecamatan Semen, Mojo, Kras, Ngadiluwih, Kandat, Gurah, Wates, Grogol, Papar, Purwoasri, Plemahan, Pare, Kandangan, Tarokan, Kunjang, Banyakan, Kayen Kidul dan Badas.

Di Kecamatan Banyakan pilkades digelar di Desa Banyakan. Ada tiga orang calon pada pesta demokrasi ini yaitu Shohib, Inti Wahyuni dan Sudirman. Mulai pagi warga mulai berdatangan di balai Desa Banyakan untuk menggunakan hak pilih mereka. Panitia mengatur registrasi pemilih berdasarkan dusun dimana mereka tinggal, yaitu Margosari, Banyakan, Mergosono, Selotopeng Kidul Kali, Selotopeng Lor Kali dan Kamal.

banyakan 2

Bahrudin salah satu panitia mengatakan, pemungutan suara dilakukan mulai pukul 08:00 – 14:00 WIB dengan total pemilih sejumlah 5.201 orang. “Dari laporan petugas di lapangan ada warga yang tidak bisa menggunakan hak suaranya karena bekerja atau sedang studi di luar kota,” katanya.

Dari hasil penghitungan suara, calon dengan nomor urut 2 yaitu Inti Wahyuni terpilih menjadi Kades Banyakan, mengungguli dua kontestan lainnya.

banyakan 3

Mughofar salah satu tokoh masyarakat Desa Banyakan mengungkapkan, pilkades ini merupakan pembelajaran demokrasi bagi warga. “Siapapun yang terpilih, itulah pemimpin kita. Semua harus legawa dan kita hormati bersama. Hilangkan semua gesekan. Seperti tinju, habis bertanding kemudian berangkulan,” kata veteran tersebut. (Kominfo/tee,all team,tj,wk)

Add comment


Security code
Refresh

banner