Monday, 19 November 2018
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Kader Jumantik Desa Jemekan Siap Wujudkan Desa Bebas Jentik dan DBD

jemekan 1

Meriahnya sambutan Kader Jumantik Desa Jemekan Kecamatan Ringinrejo menandakan telah siapnya Desa Jemekan untuk menyandang desa dengan jumantik terbaik jika terpilih nanti. Saat Tim Pembina Jumantik Kabupaten Kediri datang, mereka disambut hangat dan ramah dengan iringan alunan gamelan. Lalu para Kader Jumantik dengan pakaian seragam batik yang senada turut menyanyikan jingle Mars Jemekan Makmur dengan gaya vokal khas sinden Jawa. Nampak para pembina yang hadir ikut antusias dengan mengabadikan nyanyian para Kader Jumantik dengan ponsel maupun handphone mereka.

­Acara penyambutan Tim Pembina Jumantik Kabupaten Kediri dihadiri oleh Camat Ringin Rejo Ibnu Imad, Kepala Desa Jemekan Putut Widodo, Kepala UPTD Puskesmas Sambi Anan Winarti, PKK desa, serta aparat Desa Jemekan, (5/11).

jemekan 2

Acara dilanjutkan dengan penampilan siswa-siswi SD MI se-wilayah Desa Jemekan menyanyikan lagu Mars Jumantik, dengan mengenakan seragam sekolah ditambah atribut bertema jumantik. Tanpa canggung siswa-siswi menyanyikan Mars Jumantik secara kompak dan semangat.

Desa Jemekan merupakan singgahan kedua Tim Pembina Jumatik Kabupaten Kediri dihari ke-2 setelah dari Desa Blabak Kecamatan Kandat. Tim kemudian terbagi lagi menjadi tiga, tim pertama sebagai verifikator administrasi berkas Kader Jumantik Desa Jemekan, tim kedua ke rumah warga untuk melihat langsung ada tidaknya indikasi jentik, dan ketiga di SDN Jemekan 1.

jemekan 3

Tim Pembina Jumantik Kabupaten Kediri yang meninjau langsung rumah warga juga memberikan arahan agar warga mengenal para kader jumantik desa, sehingga terjalin komunikasi terhadap adanya jentik dan kesehatan pada warga. Warga juga menyambut baik dan berharap dengan adanya kader jumantik ini dapat menekan kasus DBD di Desa Jemekan. Agar slogan ‘Satu Rumah Satu Jumantik terwujud, pembina juga memberikan penjelasan bahwa kebersihan merupakan cerminan iman dengan menyarankan untuk mengenalkan pada seluruh anggota keluarga.

Tim yang berada di SDN Jemekan 1 tidak menemukan adanya jentik dan dinyatakan aman. Hanya saja di sekolah tetap membutuhkan gerakan menanam tumbuhan sere sebagai tanaman penolak/pengusir nyamuk alami karena anak usia sekolah dasar sangat rentan terkena penyakit DBD. Dinas Pendidikan juga mendukung penuh gerakan Jumat Bersih sebagai wujud kepedulian siswa terhadap kesehatan lingkungan.

jemekan 4

Tim verifikator yang mengecek berkas kader jumantik di Desa Jemekan cukup terkejut karena persiapan pemberkasan benar-benar sudah terbukukan dengan rapi. Tim verifikator memberikan pembinaan mendalam sesuai dengan bidang masing- masing kader. Terakhir, Tim Pembina Jumantik menyarankan untuk mengembangkan dan menyempurnakan kegiatan para kader jumantik Desa Jemekan ini. Kader pun mengaku siap untuk mewujudkan Desa Jemekan bebas jentik dan DBD. (Kominfo/fz,tj,wk)

banner