Monday, 19 November 2018
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Upaya Mengangkat Pamor Dusun Purworejo Sebagai Raja Madu

madubadas1

Siapa sangka Desa Bringin Kec. Badas termasuk salah satu daerah penghasil madu terbesar di Kabupaten Kediri. Di Dusun Purworejo saja ada sekitar 45 peternak madu yang tiap tahunnya menghasilkan puluhan hingga ratusan ton madu.

Zainal Abidin Kasun Purworejo yang juga sebagai peternak madu menjelaskan, Desa Bringin sejak tahun 1985 sudah mulai memproduksi madu. Mereka (peternak) membudiyakan lebah madu dengan cara di "angon" atau menggembala lebahnya di daerah yang sedang banyak bunga bermerakan.

madubadas2

Jika menginginkan rasa sesuai keinginan seperti mangga, kaliandra atau rambutan, lebah-lebah tersebut digembalakan di daerah yang lagi musim bunga tersebut selama beberapa hari. Dirasa madu yang diperoleh sudah mencukupi barulah mereka pulang ke rumah masing-masing.

Kualitas bagus dan tidaknya madu dapat dilihat berdasarkan kesabaran saat memanennya. Jika terlalu cepat panen maka hasilnya tidak terlalu bagus, sedangkan panen sesuai waktunya dan tingkat kekentalan madu itu yang kualitasnya bagus.

Saya juga salah satu pembudidaya lebah madu di Dusun Purworejo Desa Bringin Badas. Saya ingin sekali mengangkat kembali kejayaan dusun ini khususnya sebagai sentra madu yang berkualitas seperti dulu kala,” katanya (2/11).

madubadas3

Menurutnya karena jaman semakin modern, banyak sekali warga yang beralih profesi dan tidak lagi beternak lebah madu. Itu disebabkan sulitnya mencari tempat gembala dan hasilnya sangat kurang dan tidak sesuai dengan keuntungan yang didapat.

Dengan acara Kampung Festival Madu yang telah kami gelar selama 3 hari kemarin semoga dapat merangsang warga untuk kembali beternak lebah madu. Semakin banyak warga yang beternak madu akan lebih banyak lagi madu yang diproduksi serta menjadi sentra madu. Sekaligus Desa Bringin akan menjadi desa wisata edukasi lebah madu yang dapat dikunjungi wisatawan sewaktu-waktu yang ingin mencari madu berkualitas,” pungkas Zainal. (Kominfo/lks,tj,wk)

banner