Monday, 19 November 2018
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Eko Suroso, Kades Sempu yang Inovatif dan Inspiratif

Untuk mencapai suatu tujuan memang dibutuhkan kerja keras dan dukungan semua pihak untuk bersama-sama mewujudkannya. Termasuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat desa, yang tak bisa lepas dari peran kepala desa. Salah satunya adalah Kepala Desa Sempu Kecamatan Ngancar. Sosok inspiratif ini bernama Eko Suroso, yang terpilih menjadi Kades Paling Inovatif dalam Anugerah Desa Tahun 2018 yang digelar Oktober lalu.

sempu 1

Penghargaan ini sangat membanggakan Eko Suroso. Hal tersebut dikarenakan prestasi yang diraih Desa Sempu berturut-turut selama dua tahun terakhir, yaitu Anugerah Desa Inovasi Terbaik Kategori Pemberdayaan Perempuan pada tahun 2017 dan Kategori Inovasi Terbaik Bidang Pelestarian Kesenian Tradisional Anugerah Desa tahun 2018. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Kediri melalui DPMPD bekerja sama dengan Jawa Pos Radar Kediri.

Penghargaan pertama pada tahun 2017 yaitu inovasi terbaik kategori Pemberdayaan Perempuan, Eko menjelaskan, “Berbagai inovasi program saya jalankan untuk memberdayakan ibu-ibu warga Desa Sempu. Pertama kelompok usaha bersama yaitu terkait dengan penyediaan tanaman anggrek atau benih anggrek, bekerja sama dengan sektor wisata Kampung Anggrek. Selain itu juga mengkoordinir kelompok perempuan tangguh bencana, ibu-ibu yang ikut yaitu dari warga desa dan ibu-ibu kelompok senam Desa Sempu,” jelasnya, (2/11).

Sedangkan untuk kategori inovasi terbaik di bidang Pelestarian Kesenian Tradisional di tahun 2018, Eko menerapkan tari remong dan kesenian jaranan kegiatan ekstrakulikuler untuk anak mulai dari tingkat TK hingga Sekolah Dasar (SD).

sempu 2

“Kami bekerja sama dengan kelompok kesenian jaranan untuk melatih anak-anak tersebut, tetapi untuk penilaian masuk dalam kurikulum pelajaran kesenian. Untuk latihannya sendiri dilaksanakan setiap hari Rabu dan Minggu malam. Dalam penerapannya kami bagi menjadi dua yaitu untuk anak laki-laki latihan Kesenian Jaranan dan untuk anak-anak perempuan kami latih Tari Remong,” ujar Eko Suroso.

“Seluruh penghargaan tersebut merupakan bonus dari usaha dan inovasi apa yang kami lakukan. Tujuan utama dari pemberdayaan dan inovasi tersebut adalah semata-mata hanya ingin memajukan serta mensejahterakan warga masyarakat desa melalui pemberdayaan ibu-ibu dan melestarikan budaya kesenian tradisional daerah yang ingin diterapkan pada anak-anak generasi penerus,” jelas Kades Sempu dengan semangat.

sempu 3

Sebagai informasi, Desa Sempu yang dulunya daerah rawan konflik sekarang ini dengan usaha dan tekad bersama-sama disertai dorongan dan dukungan penuh dari pemerintah, sekarang menjadi desa paling inovatif berturut-turut selama dua tahun terakhir. Dan akhirnya hadiah penghargaan anugerah desa ini dampaknya akan kembali ke masyarakat Desa Sempu, mereka yang akan merasakan manfaatnya untuk pembinaan dan pemberdayaan. Selain itu juga bisa untuk meningkatkan pembangunan maupun infrastruktur Desa Sempu.

“Harapan saya semoga penghargaan yang diraih ini tidak berhenti disini saja akan tetapi bisa terus berlangsung dan diterapkan hingga berlanjut kedepannya. Dan bisa berdampak positif serta bermanfaat mensejahterakan seluruh warga Desa Sempu,” harap Eko Suroso. (Kominfo/dn,all team,tj,wk)

Add comment


Security code
Refresh

banner