Monday, 19 November 2018
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

1560 Pelamar CPNS Dijadwalkan Tes Hari Ini

cpns 27 1

Setelah kemarin tertunda, hari ini Sabtu 27 Oktober 2018 pelaksanaan tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) perekrutan CPNS di Kabupaten Kediri mulai digelar. Sebanyak 1560 pelamar formasi CPNS Kabupaten Kediri dijadwalkan mengikuti tes dengan sistem CAT tersebut. Mereka dibagi dalam empat sesi, dengan durasi tes 90 menit per sesi.

Sejak pukul 06:00 WIB, terlihat para peserta sesi pertama sudah mulai berdatangan di area Convention Hall. Tempat verifikasi dan registrasi dipusatkan di area ini sebelum mereka melaksanakan tes di Basement SLG. Dengan berpakaian hitam putih, peserta yang didominasi pelamar formasi bidan ini terlihat tertib mengikuti alur yang ditentukan.

cpns 27 2

Pertama, dilakukan verifikasi validasi kelengkapan pelamar, yaitu pencocokan KTP dan kartu ujian dengan foto dan wajah peserta. Jika sesuai, peserta melanjutkan ke tahap berikutnya yaitu mengisi lembar absensi dan mendapatkan PIN untuk mengerjakan CAT. Selanjutnya, barang-barang seperti tas, HP, arloji bahkan anting-anting harus dilepas dan dititipkan petugas. Pihak panitia sudah menyiapkan loker untuk menyimpan barang bawaan tersebut.

Kemudian para peserta diarahkan untuk masuk ke ruang tunggu, namun sebelumnya mereka harus melewati pemeriksaan dengan menggunakan metal detector dan pemeriksaan manual. Di ruang tunggu, tersedia layar besar yang menayangkan tutorial mengerjakan tes berbasis CAT. Sebelum masuk ke ruang tes pun kembali diberikan arahan dari petugas tentang bagaimana cara mengerjakan tes dan nilai ambang batas SKD.

cpns 27 3

Tes SKD terdiri dari 100 soal yang meliputi Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) 35 soal, Tes Intelegensia Umum (TIU) 30 soal dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP) 35 soal. Untuk bisa lulus SKD, para peserta harus melampaui nilai ambang batas (passing grade), yaitu 75 untuk TWK, 80 untuk TIU dan 143 untuk TKP. Setiap jawaban yang benar akan mendapat skor 5 (lima) dan yang salah mendapat nilai 0 (nol).

Ditemui di area Convention, Plt. Kepala BKD Kab. Kediri Sukadi menyampaikan, tes berjalan lancar dan jaringan juga terkoneksi dengan baik. Terkait dengan penundaan tes yang sedianya dilaksanakan Jumat (26/10), panitia sudah menginformasikan penjadwalan ulang. “Untuk peserta yang seharusnya tes kemarin namun ditunda karena kendala teknis, akan melaksanakan tes pada Senin tanggal 29 Oktober 2018. Bagi peserta yang tidak hadir pada jadwal yang telah ditentukan, otomatis gugur. Begitu pun mereka yang datang terlambat ketika tes sudah dimulai, juga dianggap gugur,” tegasnya.

cpns 27 4

Sebagai informasi, dari 1560 pelamar CPNS yang dijadwalkan tes, ada 47 orang yang tidak hadir. Untuk besok, Minggu (28/10), sebanyak 1.133 orang pelamar dijadwalkan mengikuti tes SKD di Basement SLG dan dibagi dalam tiga sesi. (Kominfo/tee,tj,wk)

Add comment


Security code
Refresh

banner