Monday, 19 November 2018
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Bersama Santri, Damailah Negeri

santri a

Saat ini bangsa Indonesia sering dilanda konflik mulai dari penyebaran berita hoax, penyebar kebencian, dan politik, kekerasan serta korupsi. Hal tersebut menimbulkan perpecahan kesatuan di negara ini. Adanya konflik tersebut membuat para santri dan ulama bergerak untuk membela tanah air serta mempertahankan kesatuan bangsa ini. Gerakan tersebut mengingatkan kita pada peristiwa resolusi jihad.

Hal di atas ditandai dengan peringatan Hari Santri Nasional yang jatuh pada tanggal 22 Oktober. Hari Santri Nasional 2018 turut diapresiasi Pemerintah Kabupaten Kediri melalui kegiatan upacara serta pemberian hadiah kepada santri yang berprestasi. Kegiatan tersebut dilaksanakan di halaman belakang Pemkab Kediri pukul 7.30 WIB. Pada upacara ini dipimpin oleh inspektur upacara, Bupati Kediri dr. Hj. Haryanti Sutrisno, Komandan upacara dari Komandan Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhamaddiyah, Perwira Upacara Randy Agatha Sakaira, diikuti oleh para alim ulama, pimpinan ormas, serta para santri se-Kabupaten Kediri.

santri b

Mengingat peristiwa jihad tersebut, peran santri sebagai pinor perdamaian sangatlah berpengaruh pada kesatuan bangsa Indonesia. Peran tersebut berorientasi pada spirit modernisasi Islam. “Maka dari itu Pemerintah perlu untuk memberikan apresiasi kepada para sastri Indonesia” ujar Bupati Kediri membacakan sambutan Menteri Agama.

Selain itu, perlu ditumbuhkan rasa nasionalisme para santri sejak dini. Hal tersebut juga mendapat dukungan dari Ustadz Maksum yang memberikan tausiah pada kegiatan tersebut. “Agama memang tidak boleh ditinggalkan, namun cinta tanah air adalah sebagian dari iman. Santri dan Pemerintah siap untuk menjadi terdepan apabila ada orang yang ingin merongrong kesatuan Negara Republik Indonesia,” ujarnya. Diharapkan dengan adanya Hari Santri ini para santri akan mampu menyebarkan kedamaian untuk menekan konflik di masyarakat.

santri 3

Di akhir kegiatan Bupati Kediri memberikan apresiasi berupa piala, serta uang bimbingan kepada 24 santri berprestasi pada lomba mewarnai dan kaligrafi hiasan mushaf. (Kominfo/daw, fz, tj,wk).

santri 4

Add comment


Security code
Refresh

banner