Monday, 19 November 2018
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Jaga Lingkungan Kelud dengan AMDAL

AMDAL (Analisis Mengenai Dampak Lingkungan) merupakan suatu kajian mengenai dampak positif dan negatif dari suatu rencana kegiatan/proyek, yang dipakai pemerintah dalam memutuskan apakah suatu kegiatan/proyek Iayak atau tidak Iayak Iingkungan. Kajian dampak positif dan negatif tersebut biasanya disusun dengan mempertimbangkan aspek fisik, kimia, biologi, sosial-ekonomi, sosial­ budaya dan kesehatan masyarakat.

71CD8F7D-99DB-4152-BE74-63A422FB2D80

Melihat pentingnya Amdal bagi lingkungan masyarakat, Pemerintah Kabupaten Kediri melalui Dinas Lingkungan Hidup menggelar acara Sosialisasi dan Konsultasi Publik Penyusunan Dokumen Amdal Kawasan Wisata Gunung Kelud.

Acara tersebut bertempat di kantor Kecamatan Ngancar (19/10). Dihadiri oleh Kepala desa se-Kecamatan Ngancar, dibuka oleh Saifudin Kepala Bidang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

Dalam sambutannya mengatakan "Kenapa Gunung Kelud yang kita pilih sebagai tempat sosialisasi, karena tempat ini merupakan salah satu obyek wisata andalan di Kabupaten Kediri yang harus kita jaga dan lestarikan lingkungannya"

3DE9F734-1643-47E7-A358-CBC59D8DB483

Jika akan melaksanakan proyek atau kegiatan di tempat ini diperlukan studi kelayakan karena dalam undang-undang dan peraturan pemerintah serta menjaga lingkungan dari operasi proyek kegiatan industri atau kegiatan-kegiatan yang dapat menyebabkan kerusakan lingkungan.

Tujuan Amdal sendiri adalah menjaga dengan kemungkinan dampak dari suatu rencana usaha atau kegiatan, sehingga ini merupakan penjagaan dalam rencana usaha atau kegiatan agar tidak memberikan dampak buruk bagi lingkungan.

Adapun fungsi Amdal diantaranya sebagai bahan perencanaan pembangunan wilayah, membantu proses dalam pengambilan keputusan terhadap kelayakan lingkungan hidup dari rencana usaha kegiatan, memberikan masukan dalam penyusunan rancangan rinci teknis dari rencana usaha kegiatan, memberi masukan dalam penyusunan rencana pengelolaan dan pemantauan lingkungan hidup dll.

54997410-9080-460E-99C8-0B04500B001C

Intinya Amdal wajib bagi masyarakat atau perusahaan yang akan melaksanakan kegiatan/proyek di sekitar wisata Gunung Kelud. (Kominfo/lks,yda,tj,wk)

Add comment


Security code
Refresh

banner