Wednesday, 21 November 2018
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Yang Asam Bisa Jadi Manis

cerme 1

Siapa yang tidak mengenal buah cermai atau yang biasa disebut “ceplukan”. Buah ini berukuran kecil dan berwana hijau kekuning-kuningan. Tak banyak orang yang suka mengkonsumsi buah satu ini karena identik dengan rasa sangat asam.

Asamnya buah cermai ini dapat berbuah menjadi camilan manis yang pastinya akan disukai banyak orang setelah berada di tangan ibu Dwi. Wanita dari Desa Mlati Mojo ini membuat serta menjual produk manisan cermai. “Saya punya tanaman cermai maka dari itu saya manfaatkan saja untuk jadi manisan yang bisa dikonsumsi,” ucapnya, (19/10). Selain cermai, ia pun juga memanfaatkan seluruh tanaman miliknya seperti markisa dan pepaya untuk dijadikan manisan dan puding.

cerme 2 

Tidak perlu khawatir, walaupun produk manisan namun Dwi tetap menggunakan pemanis alami yang tidak berbahaya bagi tubuh apabila dikonsumsi. Cukup menggunakan gula bercampur dengan kayu manis kemudian dimasukkan air bersama buah cermai.

Selain pemanis yang aman, faktor kebersihan juga diperhatikan olehnya. Sebelum mengolah manisan, buah cermai tersebut benar-benar dicuci dengan air hingga bersih. Mulai tahun 2008 hingga saat ini manisan cermai sudah banyak diminati oleh masyarakat yang penasaran akan rasa buah cermai. Produk manisan ini sudah dipasarkan dari toko ke toko dan mengikuti beberapa event di Kabupaten Kediri.

cerme 3

Harga manisan ini juga masih tergolong murah dan pas di kantong masyarakat. Cukup dengan Rp. 4.000 kita sudah dapat menikmati segarnya manisan buatan bu Dwi ini. Tidak pernah putus asa, Bu Dwi terus menerus mengejar peluang untuk memasarkan produk manisannya di beberapa event yang akan datang. “Terlebih saat ini masih musim panas sehingga cocok untuk dikonsumsi dengan sensasi asam-asam segar,” tambahnya. (Kominfo/daw,dn,tj,wk)

Add comment


Security code
Refresh

Liputan UKM

banner