Wednesday, 21 November 2018
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

21 UMKM Kecamatan Mojo Meriahkan Pembukaan TMMD

Sebanyak 18 Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dari Kecamatan Mojo ikut memeriahkan pelaksanaan pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) di Lapangan Desa Mlati, Kecamatan Mojo, Senin (15/10).

Sebagaimana diketahui, kegiatan TMMD merupakan salah satu program lintas sektoral baik dari Kementerian/Lembaga, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten dan Mayarakat yang lokasi sasaran ditempatkan di daerah terpencil, terisolasi dan terpinggirkan. Esensi pembangunan yang dilaksanakan selain melaksanakan pembangunan fisik juga dilakukan beberapa langkah pemberdayaan masyarakat.

Plt. Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Munfarid, menyampaikan terdapat 18 UMKM di wilayah Kecamatan Mojo yang mengikuti kegiatan ini. Mulai dari usaha makanan minuman, aneka kerajinan, dan oleh-oleh khas Kabupaten Kediri.

umkm 2

“Keikutsertaan pelaku UMKM dalam kegiatan ini sesuai semangat dari TMMD yang dibacakan dalam sambutan Bupati Kediri tadi yakni dengan adanya program TMMD diharapkan dapat membantu meningkatkan percepatan pembangunan melalui pertumbuhan ekonomi di daerah, meningkatkan tarap hidup masyarakat, menurunkan kemiskinan serta menempatkan desa sebagai subjek pembangunan, dimana desa dapat merencanakan sendiri, melaksanakan sendiri, dan memberdayakan sendiri masyarakatnya,” jelasnya.

Dandim 0809 melalui Komandan SSK dalam paparan pelaksanaan TMMD di Kabupaten Kediri menjelaskan, kegiatan pembangunan non fisik yaitu penjelasan wawasan kebangsaan, pembinaan hukum, pelayanan KB, pelatihan kerja mebeller, peningkatan usaha tani dan perkebunan, disersifikasi olahan makanan durian, dan pengobatan gratis.

umkm 3

Beberapa UMKM yang mengikuti kegiatan ini diantaranya Anna Collection dari Desa Ngadi, Bank Sampah Mlati Asri Desa Mlati, Batik Batu Mangga Desa Surat, Tahu dan Getuk Gedang OTT, Madu Queen Bee, Desa Joho,Tiram Malindo dari Desa Kranding Mojo, Jenang Mak Lilik dari Desa Sukoanyar, Madu Mongso Tentrem Wijoyo dari Desa Mlati, Kripik Usus Bagus Jaya dari Desa Mlati. (Kominfo/yda,all team,tj,wk)

Add comment


Security code
Refresh

Liputan UKM

banner