Monday, 19 November 2018
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Tingkatkan Kesiapsiagaan Bencana dengan PPGD

BPBD Kabupaten Kediri kembali menjadi narasumber pada Diklat SAR Banser GP Ansor yang dilaksanakan di Balai Desa Peh Wetan Kecamatan Papar. Diklat terpadu dasar yang digelar tanggal 12-14 Oktober 2018 tersebut diikuti oleh 46 peserta.

pehwetan 1

Materi yang disampaikan adalah tentang Penanganan Pertama Gawat Darurat (PPGD), yaitu serangkaian usaha yang dapat dilakukan pada kondisi gawat darurat dalam rangka menyelamatkan korban. Beberapa diantaranya pemeriksaan kondisi korban, penanganan luka bakar dan patah tulang. Ada empat hal yang perlu diperhatikan dalam PPGD yaitu selamatkan nyawa, cegah pemburukan, percepat pemulihan dan lindungi korban tidak sadar.

Seluruh peserta terlihat antusias menyimak materi yang diberikan, terlebih ada sesi praktek agar mereka lebih lebih memahami bagaimana merespon dan melakukan pertolongan pertama di lokasi kejadian. Berbagai pertanyaan pun terlontar, seperti bagaimana penanganan patah tulang yang benar serta pernapasan bantuan untuk bayi.

pehwetan 2

Dari kegiatan ini diharapkan seluruh peserta dapat memahami dan mampu melaksanakan PPGD. Sehingga saat terjadi bencana, mereka sigap dan tahu apa yang harus dilakukan.

Sebagai informasi, materi PPGD juga telah diberikan BPBD pada Diklat SAR Banser GP Ansor di Desa Kalipang Kecamatan Grogol, serta diklat mahasiswa di Universitas Kahuripan Kediri. Dengan materi ini diharapkan mereka mempunyai kapasitas serta mampu berperan dalam kesiapsiagaan bencana, khususnya dalam melakukan PPGD. (Kominfo/tee,tj,wk)

Add comment


Security code
Refresh

banner