Monday, 19 November 2018
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Kirab Satu Negeri Sampai Di Simpang Lima Gumul Kabupaten Kediri

Kirab Satu Negeri yang digelar Gerakan Pemuda (GP) Ansor tiba di Kawasan Monumen Simpang Lima Gumul (SLG), Kabupaten Kediri, Sabtu (13/10) sekitar pukul 16.30 WIB.

Kirab Ansor 1Kedatangannya disambut oleh Kapolres Kediri Kota, AKBP Anthon Haryadi, S.IK, MH, Kapolres Kediri AKBP Rony Faisal Saiful Faton, Dandim 0809 Kediri Letkol (Kav) Dwi Agung Sutrisno dan Anggota GP Ansor dan Banser se Kabupaten Kediri. Lagu Indonesia Raya dan mars Ansor dinyanyikan dengan penuh semangat saat rombongan tiba dilokasi.

Sebelumnya pasukan pataka 17 bendera merah putih menempuh perjalanan secara estafet dan melakukan serah terima di wilayah Pace perbatasan Kabupaten Nganjuk - Kediri.

Kirab Ansor 2Selanjutnya rombongan kirab bendera merah putih yang dibawa pasukan Banser melakukan serah terima di kawasan Monumen SLG.

Pimpinan rombongan Kirab Satu Negeri, Ketua PW GP Anshor Jatim Mohammad Abid Umar Faruq langsung memberikan salah satu dari 17 bendera merah putih yang dibawa dalam kirab kepada Polisi dan TNI dan yang terakhir diberikan kepada Munasir Huda Ketua GP Ansor Kabupaten Kediri.

Usai serah terima bendera, selanjutnya dilaksanakan apel bersama yang berlokasi di depan Bank Daerah area Simpang Lima Gumul. Sebagai Inspektur apel adalah Ketua GP Ansor Kabupaten Kediri Munasir Huda.

Kirab 3Dalam sambutannya Munasir Huda menjelaskan, perjalanan Kirab Satu Negeri merupakan perjalanan yang memiliki tujuan sangat mulia.

"Latar belakang Kirab Satu Negeri karena GP Ansor selalu di depan ketika NKRI dalam ancaman," jelasnya.

Munasir menegaskan, kegiatan ini merupakan bukti sahabat Ansor mengedepankan NKRI sebagai harga mati, Pancasila Jaya dan Nusantara milik kita tidak hanya sekedar ucapan.

"Di dalam NKRI ada yang beragama Islam, Hindu, Budha, Kristen serta bermacam suku, adat istiadat dan lainsebagainya. Untuk itu kita harus menjaga keberagaman, persatuan dan kesatuan bangsa demi keutuhan NKRI." ungkapnya.

Sementara Abid Umar, Sekretaris Pengurus Wilayah (PW) GP Ansor Jatim menjelaskan, Kirab Satu Negeri yang masuk Kabupaten Kediri merupkan kirab dari zona Rote.

"Zona Rote ini merupakan bagian terluar yang kita berangkatkan di Indonesia mulai Merauke, Sabang, Miangas, Nunukan dan Pulau Rote," jelasnya.

Pataka 17 bendera merah putih yang dikirab dari Zona Rote meliputi Provinsi NTT, NTB, Bali, Jatim, Jateng dan berakhir pada kegiatan Apel 100.000 Banser dengan Presiden Jokowi di Provinsi Daerah Istimewa Yogjakarta. (Kominfo/lks,daw,tj,wk)

Add comment


Security code
Refresh

banner