Monday, 15 October 2018
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Nanas Queen Menjadi Primadona Wisatawan di Gunung Kelud

Pergi ke Kawasan Wisata Gunung Kelud pasti tak lupa membeli nanasnya. Jenis buah nanas asli Kelud rasanya beda dengan daerah lain, karena nanas lokal ini rasanya manis.

nanas 1

Saat akhir pekan tiba dan pengunjung membludak, saat itulah penjual nanas kebanjiran rejeki. Pengunjung dari luar kota pasti pulang membawa nanas. Ada pula yang dimakan di tempat langsung dikupaskan oleh penjualnya.

Pak Gatot contohnya, berjualan nanas di parkiran atas tak pernah sepi pembeli. Setiap akhir pekan dan hari libur nasional membawa 1 pick up nanas dijual di atas. Varietas nanas yang dibawa Nanas Queen (nanas lokal kelud) dan Smooth cayyene (madu).

Gatot mengatakan, biasanya para pungunjung sangat menyukai nanas queen karena harganya murah. Cukup membayar 10 ribu, pembeli mendapat 5-6 ikat nanas. Sedangkan nanas Smooth cayyene yang besar harganya 20-25 ribu per buah.

"Pengunjung kadang lebih suka memilih yang sudah dikupas bersih tinggal makan, satu plastik harganya 5 ribu," jelasnya.

nanas 2

Seperti bu Tri dari Jombang yang sudah beberapa kali berkunjung ke Wisata Gunung Kelud. Beliau mengaku, mengkonsumsi buah nanas adalah kesukaannya. Setiap datang kesini selain menikmati keindahan Kelud juga mencari buah nanas yang segar dan manis.

Tidak hanya pengunjung lokal saja, wisatawan mancanegara pun juga menyukai nanas kelud. seperti Fehyt dari Uruguay. Nampak dari kejauhan dia memegang sambil memakan nanas yang sudah dikupas.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kediri Ir. Adi Suwignyo mengatakan dengan semakin banyaknya pengunjung berwisata di Gunung Kelud, para petani nanas tidak lagi menjualnya buahnya kepada tengkulak.

nanas 3

Dari pada dijual kepada tengkulak mending dijual sendiri, karena hasilnya akan jaul lebih banyak. Semakin banyak nanas yang dijual di tempat ini akan dapat mendompleng pamor wisata Gunung Kelud sebagai destinasi wisata andalan Kabupaten Kediri dan sebagai sentra buah nanas,” terangnya (11/10).

Di lain kesempatana saat Kenduri nanas beberapa waktu,lalu, Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Kediri mengatakan, di Kabupaten kediri memiliki pertanian nanas seluas 2.500 ha yang tersebar di beberapa kecamatan, salah satunya yang terluas adalah Kecamatan Ngancar. Dengan potensi luar biasa tersebut akan mampu memperkenalkan potensi buah yang ada di Kabupaten Kediri yang nantinya akan dapat pula mendukung sektor pariwisata seperti wisata Gunung Kelud. (Kominfo/lks,tj,wk)

Add comment


Security code
Refresh

banner