Thursday, 13 December 2018
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Segar, Gurih dan Bernutrisi

Secara umum kita mengenal susu adalah minuman yang berbahan dasar protein hewani. Namun seiring berjalannya waktu dan banyaknya inovasi dari masyarakat, produk susu juga dapat dibuat dari bahan dasar protein nabati yaitu jangung manis. Jagung memang terkenal memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh.

SUSU

Hal itulah yang membuat Srini, salah satu warga Desa Pandantoyo Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri untuk memproduksi susu yang berbahan dasar jagung manis. Awalnya perempuan berusia 42 tahun ini hanya mengolah produk berbahan nanas, seiring waktu ia mulai berkecimpung dengan jagung manis sejak tahun 2017.

“Awalnya saya hanya coba-coba karena sebelumnya jagung manis hanya saya buat olahan makanan. Akhirnya saya coba buat susu jagung manis,” ujarnya (9/10).

Pembuatan susu ini tidak terlalu sulit, mulai dari jagung manis dicampur dengan sedikit air diblender terlebih dahulu, kemudia disaring dari kulit ari jagung. Kemudian ditambahkan gula sesuai selera, dan terakhir dikemas di plastik kecil berukuran seperempat kg. Soal rasa, susu jagung tidak kalah dengan susu pada umumnya. Susu jagung ini tetap terasa segar ditambah rasa gurih pada sari-sari jagung yang mengendap. Selain rasanya yang enak, jagung manis juga dapat mencegah serta menyembuhkan penyakit maag.

Kandungan dalam susu jagung manis ini berfungsi untuk mempertebal lambung,” tambahnya.

Susu ini bebas dari bahan pengawet, sehingga hanya dapat bertahan 2 jam di luar almari pendingin. Sementara ini, Srini hanya memproduksi susu jagung manis rasa original. Dibantu oleh sanak keluarga, setiap hari ia mampu memproduksi 30 hingga 50 bungkus susu. Harganya pun cukup murah, hanya dengan Rp. 2.000 saja sudah dapat 1 bungkus susu jagung manis.

Produk susu ini sudah mulai diperjualbelikan dan dipasarkan di beberapa event Kabupaten Kediri seperti Festival Kelud dan Pekan Budaya. Jika Anda penasaran, langsung saja ke lokasi produksi susu jagung manis ini di Dusun Gogorejo, Desa Pandantoyo, Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri. (Kominfo/daw,tj,wk)

Add comment


Security code
Refresh

banner