Monday, 15 October 2018
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Puskesmas Ngasem Ikut Wujudkan Masyarakat Sehat yang Mandiri

Puskesmas Ngasem menjadi salah satu lokasi titik pantau verifikasi lapang Kabupaten Sehat yang digelar September lalu. Tim verifikasi dari Provinsi Jawa Timur berkunjung dan memantau langsung fasilitas dan pelayanan yang diberikan pada pasien. Kunjungan ini merupakan verifikasi terhadap tatanan Ketahanan Kehidupan Masyarakat Sehat yang Mandiri.

Seperti puskesmas lain, beberapa layanan publik diberikan dalam upaya kesehatan perorangan, diantaranya pelayanan umum, pelayanan gigi dan mulut, gizi, KIA, KAB, imunisasi dan masih banyak lagi. “Yang membedakan, disini ada ruang pemeriksaan infeksi menular seksual dan VCT, yaitu untuk tes HIV Aids,” terang dr. Mustadhim selaku Kepala PKM Ngasem.

Dari 37 puskesmas yang ada di Kabupaten Kediri, PKM Ngasem merupakan salah satu PKM rawat jalan yang sudah terakreditasi paripurna. Bukan tanpa alasan akreditasi ini berhasil disandang, dari sarana prasarana puskesmas, baik gedung maupun alat kesehatan, kemudian fasilitas penunjang hingga sistem dan manajemen, mampu diterapkan dengan optimal.

Begitu memasuki halaman puskesmas, area parkir terlihat rapi dan bersih. Dibangun dengan nuansa hijau serta dilengkapi dengan aneka tumbuhan, pengunjung pun merasa adem dan asri. Jadwal dan alur pelayanan terpampang dengan jelas untuk memudahkan para pasien. Disini pun ada pemisahan ruang tunggu antara pasien sakit dan mereka yang sehat. “Karena masih terbatas, kami menyediakan masker untuk pasien sakit. Juga ada ruang tunggu khusus untuk pasien TB di luar di ruang terbuka, agar mereka bisa terkena sinar matahari,” lanjutnya, (4/10).

pkm 2

Ada satu lagi yang menarik yakni pelayanan khusus pada lansia. Pasien lansia yang datang diberi kalung identifikasi yang membedakan mereka dengan pasien non lansia. Untuk mereka, pelayanan didulukan. Mereka pun tidak perlu mengurus obat karena ada petugas yang mengambilkan. “Puskesmas ini puskesmas santun lansia. Dan kemarin PKM ini berhasil masuk 20 besar dalam penilaian, dimana terdapat peran lansia yang cukup signifikan dalam menurunkan angka kematian ibu dan angka kematian bayi,” tambah Kapus Ngasem.

Setelah akreditasi, seluruh jajaran PKM Ngasem berusaha maksimal untuk meningkatkan pelayanan agar sesuai standar dan memenuhi kepuasan masyarakat. Kebersihan menjadi salah satu prioritas, dimana usai pelayanan semua harus kembali bersih, baik tempat maupun alat kesehatan. Selain itu rapat dan monitoring rutin dilakukan untuk memastikan semua berjalan sesuai standar yang ditetapkan serta membahas kendala yang dihadapi. Hasilnya pun terlihat, pengunjung puskesmas semakin banyak, dan tak sedikit pula yang berasal dari luar wilayah Kecamatan Ngasem. (Kominfo/tee,ans,tj,wk)

banner