Monday, 15 October 2018
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Desa Joho Gelar Minum Bareng 1000 Gelas Madu

Siapa yang tidak kenal dengan madu. Minuman yang dihasilkan oleh lebah madu ini sangat menyehatkan dan mempunyai banyak khasiat serta manfaat. Sentra madu di Kabupaten Kediri ada di Desa Joho Kecamatan Semen. Sebagai salah satu upaya untuk mempromosikan desa ini sebagai penghasil madu murni, pemerintah Desa Joho mengadakan acara yang dikemas dalam satu rangkaian wisata Festival Sumber Podang yang ke-V. Salah satu agenda acaranya yaitu minum madu gratis 1000 gelas yang digelar pada Sabtu, (29/9).

madu 1

Festival ini diagendakan rutin tiap tahun, dan tahun ini sudah terselenggara ke-5 kalinya. Selain minum madu gratis sebanyak 1000 gelas, Festival Sumber Podang ini diawali dengan kirab dan larung di sungai Sumber Podang. Kegiatan ini sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan yang Maha Kuasa atas rejeki yang diberikan supaya memberi keberkahan kepada seluruh warga desa. Selanjutnya diadakan parade dengan tema 1 juta bunga, dengan berbagai kreasi dan kreatifitas warga Desa Joho yang diikuti sebanyak 30 kelompok peserta.

Acara yang ditunggu-tunggu telah tiba, yaitu minum bareng sebanyak 1.000 gelas madu secara gratis. Turut hadir Wakil Bupati Kediri, Drs. H. Masykuri, MM., Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Ir. Adi Suwignyo, M.Si, Kepala Desa Joho Dedi Setiawan, jajaran Muspika, unsur Polisi dan TNI, serta ribuan warga Joho maupun wisatawan dari luar daerah.

Dipimpin oleh Wabup Kediri dan diikuti oleh seluruh peserta, bersama-sama mulai minum madu yang sudah dibagikan. Tampak segar dan melegakan dahaga, semua peserta bersama-sama mulai minum madu murni asli dari Desa Joho.

madu 2

"Dengan destinasi dan segala macam daya tarik wisata yang maju maka produk UMKM Insyallah juga akan ikut laku. Dengan banyak produk UMKM yang laku berarti secara otomatis juga akan menambah penghasilan masyarakat sekitar. Dengan menyajikan kreatifitas wisata serta sambutan dari warga yang ramah, memperlakukan wisatawan dengan baik, maka mereka akan merasa nyaman dan dipastikan akan berkunjung kembali," sambut Drs. Masykuri, MM.

"Pemerintah Kabupaten Kediri sangat mengapresiasi sajian kreatifitas pagelaran festival wisata seperti ini. Dengan mengenalkan produk unggulan akan bermanfaat bagi seluruh warga Desa Joho, khususnya dalam meningkatkan penghasilan warga sebagai penghasil madu murni,” tambah Wabup.

Di acara yang sama, Kepala Desa Joho Dedi Setiawan mengatakan minum bareng 1000 gelas madu ini merupakan salah satu upaya mengembangkan potensi yang ada di Desa Joho. “Dengan berkembangnya pariwisata, warga desa bisa menangkap segala peluang yang bisa dikembangkan dari wisata, sehingga dapat menambah perekonomian mereka,” ujar Kades Dedi.

madu 3

Sebagai informasi, di Desa Joho terdapat banyak petani madu yang sudah berkembang dan menghasilkan berbagai jenis madu murni seperti madu kaliandra, madu randu, madu mangga, madu rambutan dan madu sono. Jika Anda berminat untuk membeli madu Sumber Podang, Anda bisa datang langsung di salah satu petani madu yakni Sunarwan di Dusun Karangnongko Desa Joho Kecamatan Semen, atau bisa menghubingi di nomor HP 0821-3111-4004. Untuk satu botol ukuran kurang lebih 600 ml, madu dijual antara Rp 90 ribu hingga 150 ribu. Tetapi untuk madu jenis tertentu harganya bisa tembus hingga Rp 200 ribu sampai Rp 250 ribu. (Kominfo/dn,all team,tj,wk)

Add comment


Security code
Refresh

banner