Monday, 15 October 2018
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Ribuan Warga Joho Ikuti Festival Sumber Podang V

podang 1

Ribuan warga Desa Joho, Kecamatan Semen mengikuti acara Parade Sejuta Bunga dalam rangka Festival Sumber Podang, Sabtu (29/9). Kegiatan ini digelar oleh Pemerintah Desa Joho, Kecamatan Semen.

Sejak Sabtu pagi sebanyak 30 kontingen dari anak-anak hingga dewasa berkumpul di area kuliner Sumber Podang. Mereka menampilkan berbagai kreasi dengan busana bertema bunga. Sebagian yang lain menampilkan kearifan lokal budaya yang dimiliki Desa Joho.

podang 2Sebelum acara dimulai, Kepala Desa didampingi para sesepuh desa melakukan ritual larung sesaji ke area Sumber Podang. Usai itu diberangkatkan peserta parade bunga dengan menempuh rute sepanjang 2 Km. Start dari area kuliner Sumber Podang hingga lapangan Desa Joho.

Kepala Desa Joho Dedi Saputra mengatakan, kegiatan ini merupakan kegiatan bersih desa yang rutin dilakukan warga Desa Joho setiap bulan Sura atau tahun baru Jawa. Tujuannya meminta kepada Allah SWT untuk keberkahan, keselamatan dan kelimpahan rizki bagi seluruh warga Desa Joho.

podang 3

“Sekaligus kami kemas dalam bentuk parade budaya bertema sejuta bunga, untuk menampilkan potensi Desa Joho kepada masyarakat luas. Sehingga harapannya bisa menambah jumlah kunjungan wisata ke sini,” jelasnya.

Ditambahkan lagi oleh Dedi, dalam Festival Sumber Podang kali ini juga diadakan acara minum 1000 gelas madu dan ngopi bareng 1001 gelas. Dimeriahkan pula dengan pagelaran wayang kulit semalam suntuk.

podang 4

“Salah satu potensi yang ingin kami angkat lewat acara ini adalah UMKM kami yakni madu. Acara ini kami bingkai dengan minum madu gratis untuk menegaskan bahwa Desa Joho merupakan penghasil madu berkualitas bagus. Harapannya dapat memperluas jangkauan pemasaran UMKM sehingga menambah kesejahteraan warga desa,” tambahnya. (Kominfo/yda,dn,us,tj,wk)

Add comment


Security code
Refresh

banner