Sunday, 09 December 2018
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Esok, Kenduri Nanas di Lereng Kelud

Festival Kelud 2018 murupakan event tahunan yang sangat ditunggu-tunggu oleh masyarakat. Rangkaian acaranya sangat menarik untuk selalu diikuti, salah satunya adalah pameran buah dan tumpeng nanas raksasa yang mulai dibuka hari ini (29/9) dan besok hari Minggu, tumpeng nanas tersebut akan dibagikan kepada masyarakat umum.

kndr 1

Tinggi tumpeng tersebut adalah 6 meter dengan diameter 2 meter. Jenis nanas yang dipasang adalah nanas lokal dan paling atas adalah smoothcayane hasil pertanian nanas dari seluruh desa di Kecamatan Ngancar.

Suharsono Plt. Camat Ngancar mengatakan, tanggal 29 September 2019 adalah pembukaan Pameran Buah, sedangkan tanggal 30 September 2019 adalah Kenduri Nanas.

Sesuai tagline kita tahun ini adalah kenduri nanas, maka bentuk gunungan nanas tersebut menyerupai tumpeng raksasa. Jumlah nanas yang ditempelkan sebanyak 5700 buah. Selanjutnya akan dibagikan gratis kepada pengunjung,” kata Suharsono.

Selain itu ada pula 15 tumpeng nanas kecil yang akan diarak mulai balai Desa Sugihwaras menuju lokasi acara. Masing-masing tumpeng tersebut berisi minimal 50 buah nanas, jadi total nanas yang dibagikan mencapai 7500 buah nanas.

kndr 2

Pada saat nanti pembagiannya ada petugas yang mengamankan kegiatan ini, jadi tidak ada rebutan. Karena berbahaya bagi pengunjung lainnya, apalagi perempuan dan anak-anak.

Kita membuat gunungan ini selama tiga hari, yaitu mulai Rabu hingga Jumat sore. Sabtu pagi gunungan sudah bisa dipamerkan pada pengunjung,” terangnya.

Tumpeng nanas dibuat secara secara gotong royong, melibatkan warga Desa Sugihwaras, Desa Babadan dan Desa Sempu. Kurang lebih ada 30 orang. Mereka kompak sekali mengerjakannya, karena ini adalah kegiatan sebagai wujud syukur kita kepada Tuhan Yang Maha Esa,” tambah Suharsono. (Kominfo/lks,tj,wk)

Add comment


Security code
Refresh

banner