Tuesday, 23 October 2018
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Gurih, Renyah, dan Berprospek Cerah

Setiap kecamatan di seluruh Kabupaten Kediri memiliki produk-produk unggulan. Begitu juga Kecamatan Grogol yang salah satu produk unggulannya adalah olahan jamur. Lebih dikenal dengan Jamur Crispy “Maknyus”, produk olahan jamur ini dikelola oleh Didik warga Desa Cerme.

jamur 1

Tahun 2005 merupakan tahun pertama kali jamur crispy ini diolah dan diproduksi. Sebelum memulai usaha sendiri, Didik sempat memproduksi olahan jamur bekerja sama dengan rekannya dari Ngawi. “Tahun 2005 saya mulai mengolah dan memproduksi sendiri, namun hanya di sekitar Kabupaten Kediri saja karena saya masih belum percaya diri,” ujarnya.

Didik memilih mengolah jamur karena ia juga hobi membudidayakan jamur dari tahun 1999. Selain itu jamur merupakan jenis makanan alternatif yang memiliki harga cukup ekonomis di kalangan masyarakat. Saat ini ia memiliki sekitar 30 ribu polybag tanaman jamur. “Jadi tiap mau produksi mudah, karena bisa panen 500 polybag tiap hari,” katanya, (17/9).

jamur 4

Setiap hari jamur-jamur tersebut diolah menjadi jamur crispy dan sate jamur, namun yang lebih dominan diolah menjadi olahan crispy. Dibantu dengan keluarga serta tetangga sekitar, dalam sehari Didik mampu menghasilkan 30 kg sampai 80 kg jamur. Permintaan pun meningkat tajam ketika memasuki bulan Ramadhan menjelang hari raya Idul Fitri.

Proses pembuatan jamur crispy dimulai dengan menghilangkan bonggol (batang dalam bahasa Jawa) kemudian dibersihkan dan disuwir-suwir. Selanjutnya jamur dicampur dengan tepung dan sedikit air, digoreng, dan terakhir ditiriskan serta dikemas di dalam mika. Setelah dikemas rapi, jamur crispy siap dipasarkan dengan harga Rp. 70 ribu/kg untuk curah, dan Rp. 80 ribu/kg untuk kemasan mika. Tidak hanya melayani permintaan pasar wilayah Kediri dan sekitarnya, Didik pun mampu memasarkan produknya hingga Jawa Tengah, Jawa Barat dan Bali.

jamur 3

Didik berharap usahanya ini akan terus berkembang, maju, dan dikenal mayarakat luas. Walaupun sudah sukses menjadi pengusaha jamur cripsy, ia pun tidak segan untuk membagikan ilmu dalam membudidaya dan mengolah jamur. Kegiatan pelatihan pun sering ia berikan kepada kelompok UMKM dan warga di setiap kecamatan di wilayah Kabupaten Kediri.

Bagi Anda yang ingin merasakan gurih dan renyahnya jamur crispy ini, bisa menghubungi Didik di nomor 0815-5658-4792. (Kominfo/daw,tee,tj,wk)

Add comment


Security code
Refresh

Liputan UKM

banner