Wednesday, 21 November 2018
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Dengan DPT Berkualitas, Kita Sukseskan Pemilu 2019

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri menggelar rapat pleno terbuka penetapan daftar pemilih tetap hasil perbaikan pemilihan umum (Pemilu) Tahun 2019. Acara ini bertujuan untuk menyempurnakan daftar pemilih tetap supaya menjadi data yang berkualitas dalam Pemilihan Umum 2019. Acara tersebut diselenggarakan di Gedung Bhagawanta Bhari, Kamis (13/9).

dpt 1

Hadir dalam acara Ketua KPU Kab. Kediri Sapta Andaruisworo beserta jajaran, Bawaslu, ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) beserta anggota, ketua dan sekretaris Parpol se-Kabupaten Kediri, serta instansi terkait.

Ketua KPU Kab. Kediri Sapta Andaruisworo menyampaikan, berdasarkan ketentuan pasal 32 Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 11 Tahun 2018 tentang Penyusunan Daftar Pemilih di dalam negeri dalam Penyelenggaraan Pemilihan Umum dan Surat Edaran Ketua Komisi Pemilihan Republik Indonesia Nomor : 1033/PL.01.2-SD/01/KPU/IX/2018 perihal Perbaikan DPT atas rekomendasi Bawaslu dan masukan Partai Politik peserta Pemilu.

dpt 2

“Untuk itu terkait dengan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP) perihal penyempurnaan DPT, kami langsung menindaklanjuti dengan melakukan dua langkah tahapan yaitu pencermatan bersama-sama dan penghapusan secara bersama-sama. Kemudian tanggal 7 September kemarin, bersama dengan Bawaslu, Parpol, Dispendukcapil, Bakesbangpol, melaksanakan self asessment hasil data ganda, baik dari NIK dan no KK,” ujarnya.

“Kita melakukan pencermatan data-data yang perlu diubah secara mendetail dari biodata daftar pemilih. Untuk itu kami mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada parpol yang memberi masukan, sehingga kami lebih cermat lagi untuk menyempurnakan DPT dan dapat menghasilkan DPT yang lebih berkualitas,” tambah Sapta.

dpt 3

Selanjutnya Komisioner KPU Kab. Kediri Bidang Perencanaan dan Data, Eka Wisnu Wardhana menjelaskan bahwa hasil pada hari ini merupakan serangkaian dari perbaikan hasil daftar pemilih sementara, yang dikhususkan adalah penghapusan data ganda. Dari hasil percermatan bersama, KPU Kab. Kediri berhasil menghapus data ganda sebanyak 583 data dan memperbaiki data pemilih sejumlah 704 data. Sehingga DPTHP seluruh Kabupaten Kediri dari 26 kecamatan, 334 desa serta 5.511 Tempat Pemungutan Suara (TPS) menetapkan pemilih laki-laki sebanyak 601.781 orang dan pemilih perempuan sebanyak 598.396 orang, dengan keseluruhan DPTHP sebanyak 1.200.177 orang.

dpt 4

“Dan semua hasil data tersebut disampaikan kepada KPU Provinsi Jawa Timur, Bawaslu Kabupaten Kediri, peserta Pemilu tingkat daerah Kabupaten kediri, perangkat pemerintah tingkat Kabupaten Kediri dan panitia pemungutan suara PPS melalui PPK,” jelas Eka Wisnu Wardana.

Ia menambahkan dengan semangat kita bersama dalam mempersiapkan pelaksanaan pemilu serentak tahun 2019 nanti, bisa menjadi momentum untuk mendapatkan DPT yang berkualitas. “Sehingga dalam penyelanggaraan nanti kita bersama-sama berharap dapat terlaksana dengan lancar, aman dan kondusif serta sesuai dengan harapan kita bersama. Sukseskan Pemilu Serentak Tahun 2019!,” tegasnya. (Kominfo/dn,fz,tj,wk)

Add comment


Security code
Refresh

banner