Tuesday, 20 November 2018
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Lodho Pedas Ayam Kampung Kuliner Deso yang Menggoyang Lidah

Berbicara tentang keanekaragaman kuliner, Kabupaten Kediri memang rajanya. Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya produk olahan yang telah tersebar di tempat pusat oleh-oleh yang ada. Selain produk olahan juga terdapat rumah makan dan warung di sepanjang jalan Soekarno Hatta hingga jalan Erlangga Ngasem.


Sedangkan yang kita bahas hari ini adalah salah satu kuliner yang berada di lereng Gunung Kelud. Tepatnya di Sumber Lumbu Desa Pandantoyo Kec. Ngancar. Di tempat ini terdapat masakan khas pedesaan yang diberi nama Ayam Kampung Lodho Pedas.

Soal rasa tidak usah diragukan lagi, super pedas, bikin mata melek dan ketagihan untuk datang lagi. Bumbunya meresap, sekali gigit tak henti lidah bergoyang.

Lodho 2Warung lodho pedas ini dirintis oleh Bu Nini sejak anaknya masih duduk di bangku TK (Taman Kanak-kanak) hingga saat ini sudah masuk SMP.

"Ya sekitar 8 tahun yang lalu saya merintis warung ini," jelasnya sambil memasak (11/9).

"Langganan yang datang ke warung ini dari mana-mana dan dari berbagai kalangan, karena disini termasuk akses jalan menuju wisata Gunung Kelud. Biasanya setelah berwisata banyak yang mampir kesini menikmati masakan ndeso," ungkapnya.

Lodho 3"Sebenarnya masakan saya ini biasa saja, bumbunya pun sama dengan ibu-ibu jika masak di dapur. Yang membedakannya adalah saya tambahkan lombok hijau utuh di masakan, jadi rasa pedasnya sangat terasa," imbuhnya.

"Memasaknya tidak menggunakan kompor gas, tetapi saya memasak di atas tungku kayu atau orang sini menyebutnya "pawonan". Dengan memasak di atas tungku panasnya merata dan daging ayam kampung empuk saat dikunyah. Baru memanaskannya saja saya pakai kompor gas agar tetap hangat saat disediakan," tambahnya.

Dengan harga Rp. 11.0000,- sudah menikmati seporsi ayam kampung lodho pedas ini. Jika ada hajatan atau ada acara lain bisa langsung memesan di nomor HP 081331217681. (Kominfo/lks,tj,wk)

Add comment


Security code
Refresh

banner