Monday, 15 October 2018
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

BPBD Gelar Pelatihan Guna Tingkatkan Kapasitas URC PB

Dalam rangka peningkatan kapasitas relawan di Kabupaten Kediri, BPBD Kabupaten Kediri mengadakan pelatihan kapasitas relawan yang dilaksanakan dua hari pada tanggal 7 – 8 September 2018 di Jurang Senggani Sendang Kabupaten Tulungagung.

Pelatihan ini bertujuan untuk menyiapkan relawan yang dinaungi oleh BPBD Kab. Kediri yang disebut Unit Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (URC PB) BPBD Kab. Kediri agar mampu memberikan pertolongan kepada korban bencana secara efektif dan efisien. Sehingga bilamana diperlukan dapat diterjunkan, serta meningkatkan kualitas kinerja Tim URC PB tersebut.

Pelatihan kapasitas ini dibuka oleh Plt. Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Kediri R. Randy Agatha Sakaira, S.IP, M.Si. Materi disampaikan oleh dua fasilitator, yang pertama Bapak Sujito Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Tulungagung, juga didampingi TRC Kabupaten Tulungagung. Yang kedua dari Tim FPTI panjat tebing Indonesia. Pelatihan diikuti 35 peserta yang terdiri dari relawan dari berbagai unsur di Kabupaten Kediri.

urc 2

Dalam pelatihan ini para relawan atau URC PB Kabupaten Kediri mendapatkan ilmu dan kemampuan yang lengkap mulai dari nilai – nilai kebangsaan, sistem dan manajemen kedaruratan PB, SOP kesiapsiagaan dan kedaruratan, pedoman dan kecakapan relawan penanggulangan bencana, pemahaman tugas evakuasi medan terjal terutama di daerah pegunungan. Pelatihan ditutup oleh Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten kediri Moh. Saifudin Zuhri S.Sos pada tanggal 8 September 2018.

urc 3

Setelah mendapatkan pelatihan dari para instruktur, para relawan diharapkan memiliki kemampuan dan pengetahuan dasar sehingga dapat melaksanakan tugas dengan maksimal, efektif dan efisien di lokasi bencana.

Add comment


Security code
Refresh

banner