Tuesday, 23 October 2018
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Opak Gambir MULIA Rofingi, Renyah dan Lezat

Siapa bilang jajanan jadul opak gambir dan matari sekarang sudah tidak laku dijual. Di tangan kreatif Rofingi, cemilan jadul opak gambir dan matari tetep eksis dan bersaing dengan olahan makanan modern.

Rofingi menceritakan awalnya dirinya dulu seorang pegawai di perusahaan swasta bidang pertanian yang jauh dari Kediri. Namun ia berkeinginan dapat bekerja di Kediri agar dekat dengan keluarga. Berawal dari hal tersebut Rofingi lalu memutuskan keluar sebagai pegawai dan menjadi wiraswasta.

“Lalu akhirnya membuat usaha opak gambir dan matari. Saya lihat peluangnya bagus karena makanan ini familiar, di lidah orang Jawa khususnya. Namun belum dikemas dan dipasarkan dengan lebih baik,jelasnya kepada Kominfo saat bertandang di rumahnya di Desa Cerme, Kec Grogol Kabupaten Kediri.

Dibantu sang istri, Rofingi membuat opak gambir dan dipasarkan di sekitar Kecamatan Grogol. Ternyata produk yang ia labeli MULIA ini mendapat sambutan yang positif dari pasar. Perlahan namun pasti jumlah produksi olahannya terus meningkat. Jangkauan pasarnya pun semakin luas.

gambir 2

"Saya lalu mengurus legalitas usaha saya saya ke Pemkab Kediri. Kini produk saya bisa masuk ke pusat oleh-oleh di Kediri serta Surabaya. Bahkan mulai menjangkau Kalimantan dan Jawa Barat,” jelas pria dua anak ini, (4/9).

Setiap hari usaha opak gambir MULIA milik Rofingi berproduksi dengan dibantu 4 tenaga kerja. Omset yang didapat per bulan mencapai 6 juta rupiah. Bila mendekati lebaran, untuk memenuhi permintaan pasar Rofingi memperkerjakan 12 tenaga kerja. Omsetnya mencapai 70 juta rupiah.

"Ciri khas dari opak gambir dan matari saya ukurannya kecil-kecil. Tujuannya memudahkan untuk dinikmati pembeli. Dulu kan biasanya opak gambir ukurannya besar-besar. Ini jadi strategi saya menembus pasar sekaligus menjadi diferensiasi produk,” tandasnya.

Bagi Anda yang ingin menikmati atau memesan jajanan opak gambir dan matari yang renyah dan lezat buatan Rofingi, dapat langsung datang ke pusat oleh-oleh yang ada di sekitar wilayah Kediri. Selain itu juga bisa datang ke Jl. Jambu 9 RT 29 RW 008 Desa cerme Kecamatan Grogol Kabupaten Kediri. Telp 081252749019 / 085735266599. (Kominfo/yda,us,tj,wk)

Add comment


Security code
Refresh

Liputan UKM

banner