Monday, 10 December 2018
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Mengukur dan Meningkatkan Kinerja Pemerintah Melalui SAKIP

Pemerintah melalui sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah diharapkan menjadi pemerintah yang akuntabel dan terukur. Yaitu pemerintah yang mampu mempertanggungjawabkan hasil/manfaat kepada masyarakat atas penggunaan anggaran.


Demikian kesimpulan yang mengemuka dalam kegiatan evaluasi akuntabilitas kinerja instansi pemerintah, zona integritas dan reformasi birokrasi pemerintah provinsi dan kabupaten / kota di Jawa Timur tahun 2018. Kegiatan ini diselenggarakan di Ruang Hayam Wuruk Kantor Gubernur Jawa Timur, Senin (3/9).

Hadir dalam kesempatan tersebut Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Syafrudin, Gubernur Jawa Timur, Soekarwo, Kapolda Jawa Timur dan seluruh bupati/walikota se-Jawa Timur. Termasuk hadir dalam kesempatan tersebut Bupati Kediri, dr. Hj. Haryanti Sutrisno.

bupatiGubernur Jawa Timur, Soekarwo, menyampaikan manfaat SAKIP yang dirasakan oleh Pemprov Jawa Timur adalah dapat mengukur dan meningkatkan kinerja pemerintah provinsi dan OPD. Juga menjadikan penganggaran kini menjadi berbasis kinerja. Mengubah kerja aparatur sipil negara menjadi kinerja.

"Manfaat lainnya juga memudahkan untuk menentukan program yang bersifat prioritas. Dan tentu menjadi dasar pemberian reward and punisment," terang gubernur yang akrab disapa Pakde Karwo ini.

Soekarwo melanjutkan, capaian nilai AKIP provinsi Jawa Timur sejak 2014 hingga 2017 mendapat kategori nilai A. Sementara untuk 38 kabupaten/kota di Jawa timur 33 diantaranya mendapat predikat kategori B.

bupati 2"Rinciannya terdapat 1 kabupaten predikat A, 11 kabupaten/kota BB, 21 kabupaten/kota mendapat B, 4 berpredikat CC, dan hanya 1 yang masih C. Semuanya kami dampingi agar meningkatkan nilainya sehingga memberikan indeks kepuasan masyarakat yang meningkat," paparnya.

Pada kesempatan tersebut sekaligus dipresentasikan paparan SAKIP dari Kabupaten Lamongan dan Kabupaten Bondowoso di depan Menteri PAN RB. Selanjutnya paparan tersebut dievaluasi oleh menteri Safrudin.

"Pada prinsipnya saya apresiasi langkah Pakdhe Karwo, atas capaian luar biasanya selama ini. Intinya dalam SAKIP ini diharapkan tercipta pemerintah bersih, efektif, efisien, akuntabel dan berkinerja tinggi," jeas Safrudin. (Kominfo/yda,lks,tj,wk)

Add comment


Security code
Refresh

banner