Monday, 15 October 2018
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Liburan di Kediri, Yuk Mampir Soto Branggahan

Bagi Anda yang sedang liburan di Kediri, ada menu khas Kediri yang harus Anda coba. Namanya Soto Branggahan, begitu masyarakat menyebutnya. Dikatakan demikian karena menu ini hanya ada di Desa Branggahan, Kecamatan Ngadiluwih, Kabupaten Kediri.

soto 1

Lokasinya tidak sulit ditemukan, karena bila Anda dari Kediri sekira 8 Km jaraknya mengarah ke selatan menuju Tulungagung. Atau bila Anda melewati jalan raya Kediri -Tulungagung, saat melewati Desa Branggahan Anda akan menjumpai deretan ‘bakul’ soto dengan warung semi permanen yang menjajakan soto branggahan.

Seperti pada umumnya soto, masakan ini disajikan dalam sebuah mangkok yang berisi nasi, irisan daging dan kuah soto. Daging yang digunakan adalah daging ayam kampung. Satu yang khas dari soto branggahan adalah mangkoknya berukuran kecil.

soto 2

“Memang ciri khas disini seperti ini, mangkoknya kecil. Ini menjadi ciri khas Soto Branggahan sejak turun temurun,” terang Iksan, penjual Soto Branggahan yang menamai warungnya Prasetya ini.

Iksan menceritakan warung soto branggahan rata-rata merupakan usaha keluarga yang turun temurun. Awal soto branggahan mulai sekitar tahun 1950-an. Lalu hingga sekarang ada 50-an penjual soto branggahan.

“Saya juga meneruskan warung soto ibu saya,” terangnya kepada Kominfo (31/8).

soto 3

Warung soto branggahan buka mulai pagi hingga malam hari. Bahkan bila akhir pekan pembeli justru semakin banyak dan beberapa warung buka hingga larut malam. Harganya pun cukup terjangkau hanya Rp. 6.000,- per porsinya. (Kominfo/yda,tj,wk)

Add comment


Security code
Refresh

banner