Monday, 15 October 2018
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Malam Tirakatan dan Do'a Bersama Menjelang HUT Kemerdekaan RI ke 73

Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa-jasa para pahlawannya, begitulah isi petuah yang disampaikan oleh Presiden pertama RI. Ir. Soekarno.


Sekarang kita sebagai generasi penerus bangsa, bagaimana caranya mengisi kemerdekaan tersebut. Salah satu cara kita dalam menyambut HUT kemerdekaan RI ke 73 tahun 2018 ini yaitu dengan mengadakan tirakatan dan do'a bersama pada malam menjelang detik-detik proklamasi (16/8).

Pada acara tersebut juga tidak lupa menyanyikan lagu-lagu perjuangan seperti Indonesia Raya, lagu 17 Agustus, Gebyar-gebyar, Syukur dan lain-lain.

Tirakatan 3Seperti di dsn. Drangin Ds. Wonojoyo gurah, dalam sambutannya Ketua Slamet RT 02 RW 01 mengatakan acara seperti ini setiap tahun menjelang hari kemerdekaan 17 Agustus rutin dilaksanakan. Tujuannya adalah untuk mendoakan dan mengenang jasa-jasa para pahlawan yang gugur dimedan perang.

Seluruh warga yang hadir, saya wajibkan untuk ikut menyanyikan lagu perjuangan agar rasa Nasionalisme tertanam dalam benak warga. Selanjutnya agar dapat diterapkan dalan kehidupan sehari-hari dalam kehidupan bermasyarakat.

Tirakatan 1Dengan begitu anak-anak yang ikut pada acara malam ini menjadi tahu apa arti kemerdekaan dan itulah cara kita menanamkan sejak dini kepada mereka.

Dilain tempat juga ada yang unik, seperti di desa Paron Kec. Ngasem dengan membuat tumpeng sebanyak 73 buah. Setelah berdoa bersama semua tumpeng tersebut akan dimakan oleh semua warga yang hadir.

Tak mau kalah dengan daerah lain warga Perumahan Sukorejo Indah RT 03 RW 09 desa Sukorejo Kec. Ngasem juga melaksanakan acara yang sama. Tua, muda maupun anak-anak berkumpul dibalai RT.

Dalam sambutannya Ketua RT Nurkolis menyampaikan," Saat ini musuh terberat kita bukan penjajah, tetapi Narkoba yang siap merusak masa depan anak-anak kita. Hal inilah yang harus kita perangi dan kita lawan.

Sebaiknya Kemerdekan itu kita isi dengan prestasi yang dapat membanggakan keluarga, bangsa dan Negara. Seperti Tata putri dari bapak Djaman yang saat ini bertanding di Asian Games 2018 Jakarta Palembang pada cabang olahraga Bola Voly. Ayo terus kita dukung dan sukseskan Asian Games 2018 Jakarta Palembang demi kemajuan bangsa Indonesia. Jelasnya (Kominfo/lks,tj,wk)

Add comment


Security code
Refresh

banner