Monday, 10 December 2018
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Tampil Gaya dengan “Ndhog Ceplok”

Tidak asing lagi bagi kita ketika mendengar istilah “ndhog ceplok”. Namun Ndhog Ceplok yang satu ini bukan dalam bentuk makanan, melainkan dalam bentuk produk tas dari Kabupaten Kediri. “Saya beri nama “Ndhog Ceplok” karena telur ini salah satu makanan favorit semua orang, termasuk saya sendiri. Dari situ saya berharap tas ini diminati khalayak umum,” ucap Estuningtyas, pemilik usaha tas ini.

ceplok 1

Produksi tas milik perempuan berusia 34 tahun tersebut dimulai dari hobi membuat tas dan bertemu dengan rekan-rekan se-hobi melalui Facebook. Dari saling sharing ilmu menjahit tas, akhirnya Estu memberanikan diri untuk mulai memproduksi tas andalannya.

Awal memproduksi, Estu menggunakan mesin jahit dan hanya menghasilkan beberapa tas saja. Berbahan dasar kain kanvas, kain tenun batik dan kulit sintesis, tas-tas tersebut dikerjakan olehnya dengan penuh semangat dan ketekunan. Berbagai model dan motif telah diproduksi, namun yang paling banyak diminati oleh konsumen adalah tas wanita. “Yang paling banyak diminati itu tas wanita karena secara umum pengguna tas adalah wanita,” ucapnya, (11/7).

ceplok 2

Proses jahit tangan masih digunakan ketika awal membuat tas. Namun seiring berjalannya waktu dan sudah memiliki modal yang cukup, wanita asal Pare Kabupaten Kediri ini mulai menggunakan mesin jahit. Dibantu dua orang karyawan, Estu mampu mengerjakan beberapa tas sesuai jumlah permintaan dengan jangka waktu paling lama satu minggu.

Hanya dengan harga 100 hingga 300 ribu rupiah saja, banyak sekali konsumen yang berminat membeli tas tersebut. Selain dijual secara online melalui akun Instagram estu_ndhogceplok dan Facebook Estu Anjasmoro dan Ndhog Ceplok, produksi tas-tas tersebut juga sudah memasuki stand pameran dalam berbagai event Kabupaten Kediri, seperti agenda Pekan Budaya dan Pariwisata saat ini. Estu pun tergabung dalam komunitas Kediri Craftalover.

ceplok 3

Anda tertarik menenteng “Ndhog Ceplok”? Kunjungi stannya di Zona Usaha Mikro dan Perdagangan Pekan Budaya dan Pariwisata. Atau hubungi Estuningtyas di nomor 0813 3241 3391 serta melalui akun media sosialnya. (Kominfo/daw,tee,tj,wk)

Add comment


Security code
Refresh

Liputan UKM

banner