Thursday, 19 July 2018
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Lomba Damar Kurung Meriahkan Pekan Budaya 2018

Pekan Budaya dan Pariwisata Kabupaten Kediri 2018 telah memasuki hari ketiga, (10/7). Beragam kegiatan digelar untuk menyemarakkan event tahunan ini, seperti Ruwatan Panji, pawai mobil hias, pameran UMKM, pagelaran kesenian, dan nantinya pada tanggal 14 Juli ditutup dengan Tari Kolosal Barong Sewu.

damar 1Di hari ketiga ini juga diselenggarakan lomba Damar Kurung dalam pentas kreatifitas Pekan Budaya dan Pariwisata 2018. Acara yang berlangsung di panggung tiga ini cukup menyita perhatian pengunjung. Para peserta lomba adalah siswa-siswi SMP se-Kabupaten Kediri. Mereka diwajibkan menghias damar kurung dengan mengusung tema Panji.

Damar Karung atau yang sering dikenal dengan lampion tersebut berbahan dasar karung atau kanvas. Salah satu juri yakni Drs. Iswantio menyampaikan kriteria penilaian meliputi kreatifitas melukis tokoh Panji, pemilihan warna dan penempatan estetika.

damar 2

Mugi, salah satu peserta dari SMPN 1 Kras mengaku sangat senang bisa ikut serta dalam lomba, karena dapat mengasah kreatifitasnya dalam seni sekaligus menggabungkan pada kebudayaan Panji.

Tidak hanya sekedar memeriahkan pekan budaya, lomba damar kurung diharapkan dapat melatih generasi muda Kabupaten Kediri untuk berkreasi serta mengenal karakter Panji sekaligus melestarikannya. Karya lima besar juara lomba ini dipamerkan hingga agenda Pekan Budaya dan Pariwisata usai. (Kominfo/evy,tee,tj,wk)

damar 3

Daftar Pemenang Lomba Damar Kurung

Juara 1: SMPN 1 Ngasem

Juara 2: SMPN 2 Pare

Juara 3: SMPN 4 Pare

Juara Harapan 1: SMPN 1 Badas

Juara Harapan 2: SMPN 2 Kandangan

Add comment


Security code
Refresh

banner