Monday, 10 December 2018
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Cantiknya Sulam Pita "Khurorin"

Salah satu hasil produk dari Komunitas Crafta Lover Kediri adalah lukisan sulam pita. Karya ini ikut mengisi salah satu stan pameran Pekan Budaya dan Pariwisata. Lukisan sulam pita tersebut milik Khoirul Badiyah. Empat tahun yang lalu produksi lukisan sulam pita ini ia mulai. Tidak hanya lukisan, sebelumnya Khoirul juga membuat tas, taplak meja dan sarung bantal berhiaskan sulam pita.

pita 1

Hal yang mengawali pembuatan lukisan sulam pita ini adalah ketertarikan perempuan berusia 46 tahun ini kepada baju-baju yang memiliki hiasan pita. Setelah mencoba membuat lukisan sulam pita, akhirnya ada beberapa orang yang berminat untuk membeli. “Saya mulai mengenalkan lukisan sulam pita ini ke kantor suami saya, akhirnya ada beberapa rekan kerja yang tertarik,” ujarnya.

Setelah itu Khoirul mulai memproduksi lukisan sulam pita dalam jumlah yang lebih banyak dari sebelumnya. Dikarenakan kendala kurangnya tenaga kerja, saat ini seluruh pemesanan lukisan sulam pita pun dikerjakan secara mandiri. “Dulu saya punya beberapa karyawan, namun kemudian mereka memiliki kesibukan sendiri,” katanya, (10/7).

pita 2

"Saya juga sering mengadakan pelatihan untuk berbagi ilmu kepada para ibu-ibu, sekaligus untuk mencari tenaga kerja,” tambahnya.

Dengan menggunakan bahan dasar kain, pita, cat akrilik, dan krayon, Khoirul memberi label karyanya “Khurorin”. Waktu yang ia butuhkan untuk menyelesaikan lukisan tergantung dari kerumitan motif, bisa sampai dua minggu. Proses pembuatannya dimulai dengan menyekat motif bunga dan pemandangan sebagai latar belakang menggunakan krayon, kemudian disulam menggunakan pita, dan terakhir pengecatan menggunakan cat akrilik.

pita 3

Harga untuk lukisan ini cukup ekonomis mulai dari 50 ribu untuk ukuran kecil, hingga 900 ribu untuk ukuan besar. Produk “Khurorin” pun sudah mulai memasuki stand pameran di berbagai event Kabupaten Kediri. Dari pemasaran melalui media sosial, Khoirul kerap mendapatkan pesanan, diantaranya Sukabumi dan Kalimantan.

Ingin mengetahui karya-karya Khoirul? Silakan kunjungi akun medsos instagram @khoirulbadiyah, Facebook: khoirul badiah, atau hubungi nomor 0857 9066 6802. (Kominfo/daw,tee,tj,wk)

Add comment


Security code
Refresh

Liputan UKM

banner