Monday, 15 October 2018
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Pak Taji, Bertani Organik Demi Kesehatan Keluarga

taji 1

Saat ini pertanian organik kian diminati, seiring dengan keinginan masyarakat untuk lebih menjaga kesehatan dan beralih ke menu makanan sehat. Di Kabupaten Kediri sendiri, area tanam padi organik semakin diperluas, yang terbagi di tiga kluster yaitu Kediri utara berpusat di Purwoasri, Kediri barat berpusat di Semen, dan Kediri timur terkonsentrasi di Kepung.

Salah satu petani organik di wilayah Semen adalah Pak Taji. Bapak satu anak ini mulai belajar dan bertani organik delapan tahun silam. Kesehatan keluarga menjadi alasan utamanya beralih ke pertanian organik. “Hidup sehat diawali dari konsumsi kita sehari-hari. Karena beras itu makanan pokok, saya mulai dari situ, kemudian merambah ke tanaman lain,” kata pria 48 tahun ini, (26/6).

taji 2

Bertani di lahan seluas 1 hektar, secara bertahap Pak Taji mulai mengurangi penggunaan pupuk kimia. Taun 2013 ia baru sepenuhnya menggunakan pupuk non kimia. “Tanahnya sudah tua mbak, dan banyak mengandung asupan-asupan kimia. Kalau langsung dilepas ga bisa, harus bertahap,” jelasnya.

Pak Taji merasakan manfaat dari mengonsumsi beras organik, salah satunya ia tidak gampang sakit dan tidak mudah merasa capek. Penggunaan pupuk organik juga lebih meminimalisir biaya produksi. Hal ini yang kemudian ia tularkan ke petani-petani lain. Sekarang, banyak petani di daerah Semen yang mengikuti jejaknya dengan mengembangkan pertanian organik. Tidak hanya beras, beberapa tanaman hortikultura juga mulai dikembangkan secara organik, seperti melon, tomat dan cabai.

taji 3

Untuk memasarkan beras organik, Pak Taji sering mengikuti pameran dan berkoordinasi dengan Dinas Pertanian maupun Dinas Perdagangan. Beras putih organik dijual dengan harga Rp. 17500/kg, dan beras merah Rp. 22500/kg. Selain itu, Pak Taji juga mengolah bekatul beras organik menjadi bubuk minum siap saji. Cukup diseduh, minuman bekatul siap dikonsumsi. Tak berhenti disitu, saat ini Pak Taji juga memproduksi pupuk organik serta obat pembasmi hama untuk memaksimalkan pengembangan pertanian organik.

taji 5

Jika Anda berminat memulai hidup sehat dengan mengonsumsi produk organik, bisa menghubungi Pak Taji di nomor 0822 3037 9619. (Kominfo/tee,tj,wk)

Add comment


Security code
Refresh

banner